Bicaraindonesia.id, Sidoarjo – Integrasi ragam pelayanan publik dalam satu tempat, terus marak dilakukan instansi pemerintah. Seperti yang dilakukan oleh Polresta Sidoarjo dengan menghadirkan Mall Mini Pelayanan Polri (MMPP).
Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Diah Natalisa menerangkan, MMPP yang mengadopsi konsep Mal Pelayanan Publik (MPP) ini sebagai terobosan pelayanan publik dari jajaran kepolisian.
Terobosan ini, kata dia, semata untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses pelayanan dari Polresta Sidoarjo.
“Kehadiran MMPP di Polresta Sidoarjo ini merupakan salah satu praktik terbaik dalam pelayanan publik. Kami berharap agar kualitas pelayanan di MMPP dapat terus ditingkatkan dan senantiasa diperbaiki untuk dapat menjawab kebutuhan masyarakat,” kata Deputi Diah saat melakukan kunjungan kerja ke Polresta Sidoarjo, Jawa Timur, pada Kamis (01/09/2022) lalu.
Diah pun meminta agar jajaran Polresta tidak terlena dan merasa cukup dalam memberikan pelayanan melalui MMPP. Semangat inovasi harus tetap dikobarkan agar dapat terus melahirkan terobosan demi kepuasan masyarakat dalam menerima pelayanan.
Hadirnya MMPP Polresta Sidoarjo juga diharapkan dapat menjadi contoh bagi jajaran kepolisian lainnya. “Kedepannya, instansi Polri, bahkan unit layanan lainnya, dapat melakukan benchmarking bahkan mereplikasi apa yang dihadirkan oleh MMPP ini,” ungkapnya.
MMPP Polresta Sidoarjo ini mengintegrasikan berbagai pelayanan dalam satu gedung yang berada di kompleks Polresta Sidoarjo.
Berbagai pelayanan tersebut adalah layanan laporan polisi dan kehilangan, rekom reskrim, laka dan tilang, pembayaran pajak tahunan kendaraan bermotor, layanan perpanjangan SIM, layanan perizinan, layanan SKCK, layanan pengaduan, layanan vaksinasi, serta loket BRI untuk pembayaran PNBP SIM dan SKCK.
Di waktu yang sama, Kapolresta Sidoarjo AKBP Kusumo Wahyu Bintoro menyampaikan, bahwa MMPP ini merupakan program layanan unggulan dari Polresta Sidoarjo. “Kami terus upayakan perbaikan dalam pemberian layanan di MMPP,” kata AKBP Kusumo.
Ia mengatakan, bahwa upaya perbaikan tersebut merambah penyediaan sarana prasana yang ramah kelompok rentan. Salah satunya dengan memberikan pelatihan bahasa isyarat bagi duta layanan, agar semua lapisan masyarakat yang membutuhkan layanan dari Polresta Sidoarjo dapat terakomodir.
MMPP Polresta Sidoarjo juga menyediakan berbagai fasilitas demi kenyamanan masyarakat. Seperti fasilitas khusus bagi difabel, ruang bermain anak, ruang laktasi, pojok baca, ruang konsultasi, serta ruang tunggu yang nyaman.
Untuk diketahui, Polresta Sidoarjo menjadi salah satu dari 49 lokus evaluasi menuju role model sarana prasarana ramah kelompok rentan tahun 2022 yang digelar oleh Kementerian PANRB. ***
Editorial: A1
Source: Humas KemenpanRB