Bicara IndonesiaBicara Indonesia
  • Beranda
  • Bicara Nasional
    • Bicara Pemerintah
    • Bicara Politik
    Bicara NasionalShow More
    dok. Paspor desain Merah Putih | Sumber Foto: Imigrasi
    Implementasi Paspor Desain Merah Putih Ditunda, Ini Penjelasan Imigrasi
    Sabtu, 19 Jul 2025
    Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memberikan pembekalan kepada Capaja dari TNI-Polri di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (18/7/2025) | Sumber Foto: Hum Polri
    Kapolri Beri Pembekalan ke 2.000 Capaja TNI dan Polri
    Jumat, 18 Jul 2025
    Presiden Prabowo Subianto memberikan keterangan kepada awak media di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu, 16 Juli 2025 | Sumber Foto: Biro Pers Setpres
    Diplomasi Presiden Prabowo Berbuah Manis, AS Turunkan Tarif Ekspor RI
    Kamis, 17 Jul 2025
    dok. Salah satu penerima bantuan pangan beras tahun 2025 | Sumber Foto: NFA
    Pemerintah Mulai Salurkan Bantuan Pangan Beras ke 18,27 Juta Keluarga
    Selasa, 15 Jul 2025
    dok. Pemeriksaan kesehatan gratis bagi pelajar sekolah | Sumber Foto: Kemenkes
    Cek Kesehatan Gratis Hadir di Sekolah Rakyat, Jadi Program Prioritas Presiden
    Selasa, 15 Jul 2025
  • Bicara Ekonomi
  • Bicara Edunesia
  • Bicara Hankam
  • Bicara Lifestyle
  • Bicara Foto
  • Indeks
Reading: Kemensos: 405 Ribu KPM Gagal Salur Bansos Kini Sudah Terima Bantuan
Share
Bicara IndonesiaBicara Indonesia
  • Beranda
  • Bicara Nasional
  • Bicara Ekonomi
  • Bicara Edunesia
  • Bicara Hankam
  • Bicara Lifestyle
  • Bicara Foto
  • Indeks
Search
  • Kategori
    • Bicara Global
    • Bicara Peristiwa
    • Bicara Hukrim
    • Bicara Kementerian
    • Bicara BUMN
    • Bicara Lembaga
    • Bicara Energi
    • Bicara Maritim
  • Kategori
    • Bicara Wisata
    • Bicara Komunitas
    • Bicara Olahraga
    • Bicara Misteri
    • Bicara Khazanah
    • Bicara Jatim
    • Bicara Jateng
    • Bicara Jabar
Have an existing account? Sign In
Follow US
  • Tentang
  • Editorial
  • Kontak
  • Disclaimer
  • Informasi Iklan
  • Privacy Policy
  • Pedoman Media Siber
Copyright 2019-2025 - Bicaraindonesia.id
Bicara Pemerintah

Kemensos: 405 Ribu KPM Gagal Salur Bansos Kini Sudah Terima Bantuan

Redaksi Laporan: Redaksi Rabu, 25 Jun 2025
Share
4 Min Read
dok. Penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) pada bulan Juli 2021 | Sumber Foto: PT Pos Indo
dok. Penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) pada bulan Juli 2021 | Sumber Foto: PT Pos Indo
Ad imageAd image

Bicaraindonesia.id, Jakarta – Kementerian Sosial (Kemensos) mencatat, dari total 768.381 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang sebelumnya gagal menerima Bantuan Sosial (Bansos) akibat kendala rekening, sebanyak 405.232 KPM kini telah berhasil menerima haknya.

Hal ini disampaikan langsung oleh Menteri Sosial Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dalam konferensi pers di Kantor Kemensos, Jakarta, Selasa (24/6/2025).

“Minggu lalu kami sampaikan gagal salur dan proses Burekol, hasilnya hingga hari ini dari 768.381 yang gagal salur, sebanyak 405.232 KPM berhasil diproses salur. Sedangkan 363.149 KPM yang semua penyalurannya melalui Himbara, masih akan terus diperbaiki,” ujar Gus Ipul.

Ia menjelaskan, kegagalan penyaluran bansos terjadi karena berbagai kendala administratif, seperti perubahan nama hingga ketidaksesuaian data yang membutuhkan koordinasi lintas pihak.

“Alhamdulillah ini terus diperbaiki, dan hasilnya ada tambahan berhasil salur dari yang sebelumnya gagal salur,” terangnya.

Terkait penyaluran bansos tambahan atau penebalan sebesar Rp200 ribu per bulan untuk periode Juni dan Juli 2025 bagi 18,3 juta KPM, Gus Ipul menyebut hal itu diproses bersamaan dengan penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau bansos sembako, sehingga progresnya berjalan sejajar.

Baca Juga:  Pemerintah Mulai Salurkan Bantuan Pangan Beras ke 18,27 Juta Keluarga

“Jadi kalau sekarang ini kita sudah lebih dari 14 juta (KPM) salur regular untuk BPNT atau sembako sebesar Rp600 ribu, ditambah dengan penebalan bansos sebanyak Rp200 ribu per bulan selama dua bulan, Juni dan Juli, maka setiap KPM BPNT atau sembako menerima Rp1 juta,” jelasnya.

Hingga saat ini, bansos telah tersalurkan kepada 8.042.979 KPM Program Keluarga Harapan (PKH), atau sekitar 80,43 persen dari total sasaran, serta 15.159.958 KPM penerima sembako atau BPNT, setara 82,95 persen.

Namun demikian, masih terdapat 1.945.399 KPM PKH (19,4 persen) dan 2.723.515 KPM Sembako (14,9 persen) yang tengah dalam proses pembukaan rekening. Sementara itu, 11.622 KPM PKH (0,12 persen) dan 393.610 KPM Sembako (2,2 persen) masih menjalani proses perbaikan data.

Baca Juga:  Pemerintah Mulai Salurkan Bantuan Pangan Beras ke 18,27 Juta Keluarga

Permasalahan yang menyebabkan kegagalan penyaluran antara lain rekening pasif, rekening tidak ditemukan, perbedaan nama pada rekening, kartu tidak aktif, nomor kartu salah, hingga kartu yang belum terbit.

Kemensos bersama Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), yakni BRI, Mandiri, dan BSI, terus melakukan perbaikan data. Bank-bank tersebut telah mengonfirmasi sejumlah kartu aktif milik KPM, dan tengah memproses identifikasi rekening yang belum ditemukan maupun pembaruan nama agar sesuai dengan data rekening.

Dalam rangka percepatan penyaluran bansos, setiap umpan balik dari Himbara langsung ditindaklanjuti Kemensos dengan perbaikan data atau distribusi bantuan.

“Memang dari informasi yang kami peroleh, Himbara itu memerlukan waktu yang cukup lama untuk proses buka rekening kolektif (Burekol),” ujar Gus Ipul.

Ia juga mengimbau partisipasi aktif masyarakat dalam proses pemutakhiran data serta pengawasan penyaluran bansos.

“Dapat dipantau dari aplikasi Cek Bansos selama bulan Mei sampai hari ini, ada sebanyak 389.318 masyarakat yang mengajukan Usul dan ada sebanyak 5.453 masyarakat yang mengajukan Sanggah, sekali lagi terima kasih kepada masyarakat yang ikut berpartisipasi,” katanya.

Baca Juga:  Pemerintah Mulai Salurkan Bantuan Pangan Beras ke 18,27 Juta Keluarga

Data usulan dan sanggahan dari masyarakat akan digabungkan dengan input dari operator Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG) di Dinas Sosial maupun tingkat desa/kelurahan, kemudian diverifikasi langsung di lapangan untuk memastikan kelayakan penerima bantuan.

“Kami ingin membuka banyak saluran, maka kita tambahin jalur pengaduan, selain melalui aplikasi Cek Bansos, bisa juga lewat telepon command center 171, jadi telepon command center 171 mungkin bisa lebih mudah dimanfaatkan bagi masyarakat yang mungkin agak kesulitan menggunakan aplikasi Cek Bansos,” ujarnya.

Command center 171 akan melayani pengaduan selama 24 jam. Selain itu, masyarakat juga dapat memperbarui data secara langsung melalui Dinas Sosial setempat. Fitur pemutakhiran data tersebut akan dibuka mulai 1 Juli 2025. (*/Hum/A1)

Bagikan:
Tag:Bansos 2025Bantuan SosialBPNTCek BansosGus IpulHimbaraKemensosKPMPerbaikan Data BansosPKH
Ad imageAd image

Bicara Terkini

Menhan RI Sjafrie Sjamsoeddin, memberikan pembekalan kepada para Capaja Akademi TNI dan Akademi Kepolisian Tahun 2025 | Sumber Foto: Setjen Kemhan
Menhan Beri Pembekalan Capaja TNI-Polri: Jadilah Pelindung Rakyat
Sabtu, 19 Jul 2025
Festival Cilandak Berbudaya 2025 di Lapangan Pamentas, Jalan Pertanian Raya, Cilandak, Jakarta Selatan, Sabtu (19/7/2025) | Sumber Foto: Pemprov DKI
Wagub Rano Harap Budaya Betawi Terus Tumbuh dan Berkembang
Sabtu, 19 Jul 2025
dok. Paspor desain Merah Putih | Sumber Foto: Imigrasi
Implementasi Paspor Desain Merah Putih Ditunda, Ini Penjelasan Imigrasi
Sabtu, 19 Jul 2025
dok. Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri, Brigjen Pol Djuhandhani Rahardjo Puro | Sumber Foto: Hum Polri
Bareskrim Polri Tangkap Bos Judi Online Jaringan China-Kamboja
Sabtu, 19 Jul 2025
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memberikan pembekalan kepada Capaja dari TNI-Polri di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (18/7/2025) | Sumber Foto: Hum Polri
Kapolri Beri Pembekalan ke 2.000 Capaja TNI dan Polri
Jumat, 18 Jul 2025
Ad imageAd image

BERITA POPULER

Pantai Bulbul Berpotensi Jadi Ikon Wisata Baru Danau Toba

Pemerintah Mulai Salurkan Bantuan Pangan Beras ke 18,27 Juta Keluarga

Cek Kesehatan Gratis Hadir di Sekolah Rakyat, Jadi Program Prioritas Presiden

Polri Bongkar Jaringan TPPO Internasional Bermodus Admin Kripto

Waspadai Getahnya, Ini 6 Manfaat Tanaman Patah Tulang untuk Kesehatan

Muskomwil IV ke-13 APEKSI Siap Digelar di Kota Kediri

Istiwa A‘zam 15-16 Juli 2025, Kemenag: Waktu Tepat Kalibrasi Arah Kiblat

Berita Lainnya:

Sri Ayu Astuti (24), adalah salah satu Penerima Manfaat (PM) binaan 'Balai Rehabilitasi Wyata Guna' | Foto: Humas Kemensos | Bicara Indonesia

Barista Disabilitas Binaan Kemensos Ini Ahli Racik Kopi

Selasa, 25 Mei 2021
Menteri Sosial Tri Rismaharini saat memberikan hadiah mainan untuk Zoya Khamila Hanum | dok/foto: Hum/Kemensos

Hadiah Boneka Unicorn dan Sepeda dari Mensos Risma

Sabtu, 13 Jan 2024
Menteri Sosial Tri Rismaharini usai menerima audiensi Asosiasi Fintech di Jakarta, Kamis (24/6/2021) | dok/photo: Humas Kemensos

Salurkan Bansos Pakai Fintech, Mensos: Mudahkan Pengendalian dan Pengawasan

Senin, 28 Jun 2021
Menteri Sosial Tri Rismaharini saat melakukan kunjungan kerja di Desa Kanigoro, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa (29/6/2021) | dok/photo: Bicara Indonesia

Setelah Lima Tahun Disalahgunakan, Mensos Risma Selamatkan Kartu PKH Milik Warga Kanigoro Malang

Selasa, 29 Jun 2021
Copyright 2019-2025 | Bicaraindonesia.id
  • Tentang
  • Editorial
  • Kontak
  • Disclaimer
  • Informasi Iklan
  • Privacy Policy
  • Pedoman Media Siber
Bicara-Indonesia
Welcome Back!

Sign in to your account