BicaraIndonesia.id, Paris – Sebanyak 10 jenama produk fesyen dan aksesori Indonesia akan tampil di L’adresse Showroom pada Paris Fashion Week Koleksi Musim Semi/Panas 2025.
L’adresse Showroom tersebut digelar pada 28-30 September 2024 di Venue Carrousel du Louvre Paris, Prancis.
“Keikutsertaan dalam ajang fesyen internasional merupakan bentuk komitmen Kementerian Perdagangan terhadap penguatan industri kreatif, khususnya fesyen Indonesia,” ujar Atase Perdagangan Paris, Ruth Joanna Samaria dalam siaran persnya di Jakarta, dikutip pada Jumat, 27 September 2024.
Kesepuluh jenama Indonesia yang ditampilkan, yaitu produk sepatu dari Christin Wu; busana siap pakai dari Artkea, Jenna & Kaia, Shiroshima, Khasoe, dan Adia Lavani; produk tas dari Party, Varyan; serta perhiasan dari Jewel Rocks dan Aidan and Ice.
Keikutsertaan Indonesia pada ajang fesyen paling bergengsi di dunia kali ini merupakan yang ke-6 dalam tiga tahun terakhir secara berturut.
Ruth mengatakan bahwa pameran L’adresse Showroom tercatat secara resmi dalam agenda Paris Fashion Week S/S 2025. Pameran ini termuat dalam tautan fhcm.paris/en/parisfashion-week#events yang bertajuk “Talents Indonesia: Welcome To Paris’’. Stan pameran Indonesia akan menempati area seluas 30 meter persegi.
Ruth mengungkapkan, partisipasi kali ini merupakan hasil kerja sama antara Kementerian Perdagangan, Kedutaan Besar RI di Paris, Pemerintah Daerah Jakarta, serta L’Adresse Paris Agency selaku kurator produk di Paris.
Selain tampil di ruang pamer, pemilik jenama produk Indonesia dijadwalkan berkunjung ke institusi pendidikan fesyen ternama di Perancis yaitu IFM (Institut Français de la Mode) serta salah satu ritel terbesar di Paris yaitu Printemps.
Ruth berharap, semakin banyak pelaku industri fesyen di Indonesia yang berpartisipasi dalam pameran internasional seperti Paris Fashion Week.
“Kemendag mendorong jenama produk kreatif Indonesia lainnya untuk berpartisipasi dalam pameran berskala internasional. Selain dukungan promosi, perwakilan dagang di Paris berkomitmen memfasilitasi pertemuan bisnis pelaku usaha nasional dengan para pembeli internasional,” imbuhnya.
Sementara itu, Duta Besar RI untuk Prancis, Mohamad Oemar menyatakan bahwa KBRI Paris telah berkomitmen untuk membawa produk-produk kreatif terbaik Indonesia ke panggung dunia lewat Paris Fashion Week.
Bahkan, dalam tiga tahun terakhir, KBRI Paris secara kontinu telah berkoordinasi dengan Fédération de la Haute Couture et de la Mode (FHCM), organisasi penyelenggara Paris Fashion Week untuk meningkatkan partisipasi Indonesia di Paris Fashion Week ke depan. (*/Pr-B1)