BicaraIndonesia.id, Bandung – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung kembali menunjukkan komitmennya dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi berkualitas di sektor kewirausahaan daerah.
Hal ini diwujudkan melalui gelaran Bandung Great Sale (BGS) 2024, sebagai bagian dari rangkaian Hari Jadi Kota Bandung (HJKB) ke-214.
BGS 2024 berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 13 hingga 15 September 2024, dan berhasil menarik perhatian sektor UMKM serta pariwisata Kota Bandung.
Berdasarkan catatan, perputaran ekonomi selama acara ini mencapai Rp78,94 miliar, dengan lonjakan signifikan pada kunjungan wisatawan.
Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono menyatakan, bahwa kreativitas menjadi kunci utama dalam mendukung pembangunan yang berorientasi pada kesejahteraan masyarakat.
Menurutnya, BGS 2024 tidak hanya menjadi ajang promosi produk lokal, tetapi juga memberikan dampak positif bagi sektor jasa dan pariwisata yang menjadi andalan Kota Bandung.
“Bandung Great Sale ini adalah salah satu hadiah dari kami untuk warga Kota Bandung dan seluruh masyarakat Indonesia,” ujar Bambang dalam keterangan resmi, dikutip pada Selasa, 17 September 2024.
Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung, Ronny A. Nurudin menyebutkan bahwa penyelenggaraan BGS 2024 merupakan bagian dari semangat HJKB yang berfokus pada pembangunan Indonesia-Sentris.
Menurutnya, acara ini mampu menggerakkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. Bahkan perputaran ekonomi selam gelaran BGS 2024 diperkirakan mencapai Rp78,9 miliar.
“Secara keseluruhan Alhamdulillah pergerakan transaksi selama tiga hari pelaksanaan Bandung Great Sale 2024 yang dihitung plus minus dari tiga lini sektor yaitu UMKM, pariwisata, pusat perbelanjaan,” ujar Ronny.
Ronny juga menambahkan bahwa kunjungan wisata ke Kota Bandung selama pelaksanaan BGS 2024 terpantau tinggi, dengan sekitar 620 ribu kendaraan masuk melalui 10 gerbang tol, dan sekitar 85 ribu penumpang yang datang menggunakan kereta cepat Whoosh.
“Terkait transaksi yang terjadi khususnya di Festival Citylink yang merupakan tempat eksibisi BGS 2024 dari Blibli, PT KAI, BJB dan Kimia Farma sekitar Rp1,5 miliar,” ungkap Ronny.
BGS 2024 menawarkan program diskon hingga 80% di berbagai sektor, melibatkan 19 pusat perbelanjaan, 3 toko swalayan, 62 hotel, 6 sarana transportasi, 13 restoran dan kafe, 4 factory outlet, 23 sarana kesehatan, 9 lembaga pendidikan, dan 122 UKM serta IKM Kota Bandung.
Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Bandung, Eric M. Attauriq berharap, BGS menjadi agenda tahunan yang dapat meningkatkan kunjungan wisatawan domestik dan internasional.
“Saya berharap jumlah wisatawan atau tamu pengunjung, omzet, dan nilai transaksi tahun depan bisa lebih besar,” ujar dia.
Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan BGS 2024.
“Saya ucapkan terima kasih kepada tamu pengunjung baik dari dalam maupun dari luar Kota Bandung yang percaya pada produk barang dan jasa. Semoga merasa puas dan kembali ke Kota Bandung dengan membawa keluarga, teman, dan orang-orang terdekat lainnya,” ucapnya. ***
Editorial: B1
Source: Diskominfo Kota Bandung