Bicara Indonesia
Indonesia Positive Journalism

Pemkot Surabaya Buka Sayembara Desain Sontoh Laut Berhadiah Puluhan Juta

Bicaraindonesia.idPemerintah Kota (Pemkot) Surabaya berkolaborasi dengan Kreartureseries membuka Sayembara Desain Sontoh Laut. Kompetisi ini untuk mendorong partisipasi warga, terutama peran pemuda dalam pengembangan pembangunan Kota Surabaya.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mendorong para pemuda yang memiliki ilmu tentang arsitektur dan pengembangan wisata alam agar mengikuti kompetisi ini. Ia yakin, wisata Bahari Sontoh Laut akan menjadi tempat wisata yang baru dan menarik di Kota Pahlawan.

“Kalau pemuda ikut berpartisipasi, saya yakin hasil pembangunan Sontoh Laut akan maksimal dan akan ada peran pemuda di dalam pembangunan tersebut. Ketika ada peran pemuda, maka Sontoh Laut akan menjadi tempat yang hebat di Kota Surabaya. Ayo rek, para pemuda semua ikut sayembara ini untuk Surabaya yang lebih hebat lagi di masa mendatang,” kata Eri Cahyadi, Kamis (28/10/2021).

Perencanaan pembangunan Sontoh Laut ini memang sengaja tidak dilakukan sendiri oleh Pemkot Surabaya. Sebab, pemkot ingin melibatkan para pemuda atau siapapun yang memiliki keahlian di bidang arsitektur, dalam melakukan perencanaan pembangunan Kota Surabaya.

“Sehingga tidak hanya mengandalkan pemerintah kota dalam perencanaan Surabaya, tapi bagaimana seluruh elemen masyarakat, terutama pemudanya menjadi bagian dari perencanaan pembangunan Kota Surabaya,” tegasnya.

Eri juga menyebut alasan memilih Sontoh Laut untuk dijadikan lokasi desain sayembara. Karena, ia optimistis, wisata Bahari Sontoh Laut itu sangat bisa dikembangkan menjadi pusat wisata yang hebat di Surabaya. Meski sebenarnya masih banyak pusat wisata di tempat lain yang bisa dikembangkan untuk menjadi tempat wisata yang hebat pula.

“Jadi, kita lakukan di Sontoh Laut dulu. Sehingga, Insya Allah dari hasil sayembara di tempat ini, bisa dilakukan pula di tempat lainnya, tentu dengan melibatkan semua elemen masyarakat melalui perlombaan serupa,” ujarnya.

Bahkan, Eri menyatakan, tidak menutup kemungkinan desain pengembangan sentra wisata kuliner (SWK) nantinya akan dilakukan melalui sayembara. Sehingga, dalam proses perencanaannya melibatkan pemuda-pemuda berbakat di Kota Surabaya.

“Jadi, saya ingin setiap pembangunan yang dibangun oleh Pemkot Surabaya merupakan sumbangsih pemikiran dari seluruh warga Kota Surabaya,” kata dia.

Sementara itu, Penanggung Jawab Sayembara Desain Sontoh Laut, Yanaita Febbi menjelaskan, pendaftaran sayembara ini dimulai pada 28 Oktober-30 November 2021 melalui laman http://krearture.com dan informasinya dapat diakses lebih detail melalui Instagram @kreartureseries.

“Nanti akan ada survei lokasi yang akan dilaksanakan secara individu oleh peserta dan akan dipandu oleh volunteer atau Bagian Humas Pemkot Surabaya di kawasan Sontoh Laut mulai 10-30 November 2021,” kata Febbi.

Sedangkan untuk batas akhir pemasukan atau penyetoran karya, akan dimulai pada 12-14 Desember 2021. Kemudian untuk penjurian tahap pertama dilakukan pada 16-18 Desember 2021, dan tahap kedua pada 21-22 Desember 2021.

Febbi mengatakan, dewan juri yang akan bertugas dalam penjurian ini adalah Ketua Ikatan Arsitek Lanskap Indonesia (IALI) Jawa Timur, Profesional Arsitek Lanskap, dan juga perwakilan dari Pemkot Surabaya.

“Sedangkan awarding dan pengumuman pemenangnya akan dilakukan pada 28 Desember 2021. Khusus pemenang pertamanya akan diumumkan langsung oleh Bapak Wali Kota, karena desain dari juara sayembara ini akan dipakai oleh Pemkot Surabaya untuk mengembangkan Wisata Bahari Sontoh Laut,” ujarnya.

Febbi menjelaskan, para pemenang sayembara ini berhak mendapatkan uang tunai, goodie bag dan juga piagam penghargaan dari Wali Kota Surabaya. Khusus juara 1, akan mendapatkan uang tunai Rp35 juta, goodie bag, dan Piagam Penghargaan Wali Kota Surabaya.

Kemudian, untuk juara 2, akan mendapatkan uang tunai Rp15 juta, goodie bag, dan Piagam Penghargaan Wali Kota Surabaya. Lalu, untuk juara 3 akan mendapatkan uang tunai Rp7,5 juta, goodie bag, dan Piagam Penghargaan Wali Kota.

“Nanti juga akan ada dua orang juara favorite yang akan mendapatkan uang tunai Rp1.250.000, goodie bag, dan piagam penghargaan Wali Kota Surabaya,” tutupnya. (PR/A1)

Kirim Komentar: