Bicara Indonesia
Indonesia Positive Journalism

TNI AL Sasar Nelayan yang Sedang Melaut untuk Divaksin

Bicaraindonesia.idSerbuan vaksinasi yang bertujuan untuk memutus penyebaran Covid-19 terus dilakukan TNI AL. Kali ini, Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VIII menggunakan Kapal Angkatan Laut (KAL) menyasar para nelayan yang sedang melaut di Perairan Kepulauan Talise, Minahasa Utara, Selasa (29/6/2021).

Kegiatan vaksinasi tersebut, menggunakan salah satu KAL yang berada di jajaran Lantamal VIII, yakni KAL Tedong Selar Selar-II-VIII-28. Kegiatan ini dipimpin langsung Komandan Lantamal (Danlantamal) VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya.

Dalam penyisiran di Perairan Kepulauan Talise tersebut, setiap nelayan yang dijumpai di laut diangkut dengan perahu karet. Kemudian, mereka dibawa ke KAL Tedong Selar untuk selanjutnya diberikan vaksinasi Covid-19.

Sedangkan untuk pemberian vaksinasi, dilakukan oleh tenaga kesehatan atau vaksinator dari Dinas Kesehatan Lantamal VIII.

Dari penyisiran di Perairan Kepulauan Talise itu, tim serbuan vaksinasi Lantamal VIII berhasil memberikan vaksin kepada 20 orang nelayan dengan aman dan tidak ditemukan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

Danlantamal VIII menyampaikan, bahwa serbuan vaksinasi yang diserukan oleh pemerintah juga harus dapat menjangkau seluruh elemen masyarakat. Termasuk pula para nelayan yang sedang mencari ikan.

“TNI AL harus berperan aktif dalam memberikan vaksinasi Covid-19 kepada semua masyarakat termasuk menggunakan kapal,” ujar Danlantamal VIII.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Aspotmar Danlantamal VIII, Kadiskes Lantamal VIII, Kadispotmar Lantamal VIII serta Pabanpuan Spotmar Lantamal VIII.

(Dispen Koarmada II / B1)

Kirim Komentar: