Bicara Indonesia
Indonesia Positive Journalism

Peringati Hari Keanekaragaman Hayati 2021, Pemuda di Surabaya Sebar Ratusan Benih Lele

“Kami ingin mengajak masyarakat sekitar supaya ikut memelihara sungai supaya tidak tercemar oleh limbah atau sampah dengan tidak membuang sampah di sungai yang akan menyebabkan banjir di musim hujan”

Bicara IndonesiaMemperingati Hari Keanekaragaman Hayati Internasional 2021, puluhan pemuda di Kota Surabaya, Jawa Timur, menyebar 300 benih ikan lele di seputaran sungai apoor Ketintang Baru Surabaya, Sabtu (29/05/2021).

Puluhan pemuda itu, merupakan gabungan dari beberapa komunitas. Di antaranya, Komunitas Muda-Mudi Surabaya (KMS), Forum Anak Sepuluh, dan Karang Taruna (Kartar) RW 3 Ketintang Baru Surabaya.

Sekretaris Komunitas Muda-Mudi Surabaya (KMS), Arief Prayogo mengatakan, penyebaran benih ikan lele ini untuk menjaga keseimbangan lingkungan atau ekosistem perairan dan khususnya sungai. Selain itu pula, bertujuan untuk menambah ketersediaan stok ikan di perairan umum.

“Kami ingin mengajak masyarakat sekitar supaya ikut memelihara sungai, supaya tidak tercemar oleh limbah atau sampah dengan tidak membuang sampah di sungai yang akan menyebabkan banjir di musim hujan,” kata Arief dalam keterangan tertulis yang diterima Bicaraindonesia.id, Minggu (30/5/2021).

Menurut Arief, pihaknya memilih benih ikan lele lantaran dinilai lebih mudah beradaptasi dengan segala perairan. Apalagi, lele dikenal sebagai ikan yang tahan penyakit. Sekalipun dipelihara di perairan tergenang yang biasanya menjadi sumber penyakit, namun lele cukup tahan.

“Dengan dipilihnya benih ikan lele untuk disebar di sungai ini, karena mudah beradaptasi di segala tempat perairan”, ungkap Calon Pemuda Pelopor Jawa Timur 2021 ini.

Sementara itu, pelajar SMPN 22 Surabaya Aufaarelia Erdhinatasya Putri menyatakan, bahwa kegiatan ini digelar untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran serta menumbuhkan kecintaan terhadap keanekaragaman hayati atau biodiversitas di bumi.

“Mudah-mudahan kegiatan ini menginspirasi masyarakat sekitar dan teman-teman semua untuk peduli dan mencintai lingkungan sekitar sehingga kebersihan dan keasrian lingkungan bisa selalu terjaga,” harap Aufa yang juga Calon Putri Lingkungan Hidup 2021 itu. (Ubd/A1)

Kirim Komentar: