Bicara Indonesia
Indonesia Positive Journalism

One Id, Integrasikan Seluruh Kanal Layanan dalam Satu Akses


Bicaraindonesia.idDinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) DKI Jakarta meluncurkan inovasi baru berupa layanan berbasis website, oneid.jakarta.go.id (One Id).





One Id merupakan gagasan untuk mengintegrasikan seluruh kanal layanan informasi dengan satu akses login yang memudahkan penggunanya.





Kepala Dinas Kominfotik DKI Jakarta, Atika Nur Rahmania mengatakan, One Id menjadi solusi multivarian akses login, satu username dan satu password untuk mengakses 17 kanal layanan informasi kehumasan di Dinas Kominfotik.





“Kita buat menjadi lebih praktis dan efisien. One Id adalah solusi untuk mengatasi akses login karena pengguna tidak perlu menghafal banyak username dan password,” kata Atika, Jumat (25/10/19).





Atika menjelaskan, One Id mengintegrasikan 17 kanal layanan informasi Kehumasan baik di Dinas maupun Suku Dinas Kominfotik di dalam satu dashboard. Cukup dengan satu username dan password bisa mengakses seluruh kanal layanan informasi kehumasan.





“Ke depan, aplikasi One Id akan lebih dikembangkan lagi untuk mencakup kanal lebih banyak lagi, sehingga semakin mempermudah penggunanya,” terangnya.





Kepala Bidang Informasi Publik Dinas Kominfotik DKI Jakarta, Raides Aryanto mengatakan, dengan kemudahan akses melalui One Id ini sebarluasan informasi dari seluruh kanal kepada publik juga menjadi lebih efisien, efektif, dan cepat.





Terintegrasinya seluruh kanal layanan informasi yang dikelola Dinas Kominfotik DKI Jakarta dalam satu dashboard, membuat akselerasi layanan informasi kepada publik baik di provinsi termasuk tingkat kota tersebar luas ke masyarakat bersamaan.





“Seluruh SKPD bisa mengakses dan melihat semua kanal informasi yang ada di Dinas Kominfotik DKI. Semangatnya adalah kita ingin mengenalkan seluruh kanal layanan informasi kehumasan, baik di tingkat provinsi, kota dan kabupaten agar terekspos dan terpublikasi kepada publik dan internal Pemprov DKI Jakarta,” kata Raides.





Menariknya, ia menyebut, One Id juga menyajikan agenda kegiatan pimpinan dari tingkat provinsi sampai wilayah secara real time. Sehingga, Gubernur bisa mengetahui kegiatan Wali Kota dan Bupati, begitu juga sebaliknya.





“Layanan ini lebih kepada untuk memudahkan jajaran di internal Pemprov DKI,” katanya.





Menurutnya, meski dengan satu username dan password, inovasi ini sudah memiliki standar keamanan. Artinya, ada verifikasi yang dilakukan.





“Kami akan terus mengembangkan One Id untuk mendukung optimalisasi kinerja OPD di Pemprov DKI,” tandasnya.


Kirim Komentar: