Bicara Indonesia
Indonesia Positive Journalism

Bermodalkan 10 Ribu Subscriber YouTube, Kamu Bisa Diterima Universitas Ini


Bicaraindonesia.id – Menjadi seorang Youtuber atau YouTube Content Creator sekarang menjadi impian banyak anak muda. Bahkan, dengan bermodal jumlah subscriber YouTube, seorang Youtuber bisa diterima di universitas.





Salah satunya adalah Universitas Pembangunan Nasional (UPNVJ) Veteran Jakarta, yang akan mempertimbangkan jumlah subscriber dalam menerima mahasiswa baru.





UPN Veteran Jakarta, membuka jalur khusus untuk para Youtuber yang mau berkuliah di tempat mereka. Yaitu melalui jalur prestasi yang disediakan.





Informasi tersebut, termuat dalam halaman situs untuk penerimaan mahasiswa baru UPN Veteran Jakarta yang beralamatkan di https://penmaru.upnvj.ac.id/id/sarjana/sema-upnvj.html.





Penerimaan mahasiswa baru UPN Veteran Jakarta. (penmaru.upnvj.ac.id)




Rektor UPNVJ, Erna Hernawati mengatakan, jalur prestasi merupakan proses seleksi yang dilakukan dengan cara menggabungkan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan prestasi akademik atau nonakademik.





Salah satu cakupan bidang prestasi dalam Seleksi Mandiri atau SEMA itu adalah YouTube content creator.





“Calon peserta yang dapat mengikuti jalur ini adalah mereka yang memiliki subscribers (asli) dengan jumlah minimal 10 ribu subscribers. Memiliki minimal dua video dengan masing-masing minimal 100.000 viewers (penonton),” kata Erna seperti dilansir Viva, Sabtu (15/6/2019).





Nantinya, calon peserta didik diminta mendaftarkan diri secara online dan memberikan link channel YouTube. Lalu tim internal akan melakukan seleksi lebih lanjut.





Selain jumlah viewer dan subscribers, Erna menyebut, syarat yang paling penting lainnya ialah konten yang disajikan bersifat mendidik dan positif.





“Tentu ada syarat yang lebih penting, kriteria content-nya harus bermanfaat, mendidik, kreatif, inspiratif, orisinal, menarik, dan memenuhi standar editing serta kualitas gambar yang baik,” tutur Erna.





Bagi calon mahasiswa yang memenuhi kriteria tersebut, maka wajib mengikuti uji keterampilan berupa pembuatan video berdurasi 3 sampai 5 menit dengan tema yang ditetapkan tim internal.





Selain jalur prestasi YouTube Content Creator dengan 10 ribu subscriber ini, UPN Veteran Jakarta juga mengakui prestasi di bidang lainnya.





Dari prestasi olimpiade sains, olahraga dan seni peringkat 1-3 tingkat kabupaten/kota, Provinsi, Nasional, dan Internasional 3 tahun terakhir.





Tak hanya itu, UPN Veteran Jakarta juga mengakui prestasi Hafiz Al-Quran minimal 5 Juz, dan ketua OSIS minimal satu periode.





Namun, melalui jalur prestasi sebagai Youtuber, yang paling unik dan menarik perhatian. Apalagi, tidak banyak universitas lain yang membuka jalur penerimaan mahasiswa baru seperti itu.


Kirim Komentar: