Bicaraindonesia.id, Surabaya – PDAM Surya Sembada Kota Surabaya meluncurkan aplikasi CIS, Jumat (23/12/2022). Aplikasi dengan nama lengkap Customer Information System tersebut diluncurkan sebagai upaya PDAM Surabaya meningkatkan pelayanan kepada pelanggan di era digitalisasi.
Direktur Utama PDAM Surya Sembada Kota Surabaya, Arief Wisnu Cahyono menyampaikan, Customer Information System merupakan pengembangan dari aplikasi milik PDAM Surabaya yang sudah ada sebelumnya.
“Tujuan aplikasi ini untuk memudahkan pelanggan yang memiliki mobilitas tinggi dan jarang berada di rumah. CIS ini dapat diakses dari mana saja. Ini upaya kami untuk semakin dekat dengan pelanggan,” kata Arief Wisnu di kantor PDAM Surabaya, Jumat (23/12/2022).
Arief mengungkapkan bahwa fungsi dari aplikasi CIS telah diperluas. Tak hanya dapat memantau pencatatan meter air, tapi juga sudah terintegrasi menjadi portal pembayaran nontunai yang simple dan memudahkan pelanggan.
Terlebih sekarang, aplikasi CIS juga telah disesuaikan dengan semakin meningkatnya kebutuhan pelanggan. Jika sebelumnya, pelanggan hanya bisa melihat informasi pemakaian, penyampaian keluhan, pencatatan meter mandiri dan pendaftaran pasang baru, maka saat ini sudah bisa melakukan pembayaran nontunai.
“Di CIS ini ada fitur-fitur baru yang lebih memudahkan pelanggan. Antara lain, ada tambahan menu pembayaran tagihan, informasi gangguan air, dan informasi loket pembayaran,” terang Arief.
“Kami ingin pelanggan dapat melakukan berbagai keperluannya terkait pelayanan PDAM dalam satu genggaman melalui CIS,” sambungnya.

Dalam menu pembayaran, pelanggan PDAM Surabaya dapat memilih beberapa pilihan bank pada virtual account. Setiap bank yang dipilih akan menampilkan kode bayar. Nantinya, kode bayar itu yang akan dimasukkan pada saat melakukan pembayaran melalui ATM atau mobile banking. Selain melalui virtual account, pelanggan juga bisa menggunakan metode pembayaran QRIS.
Selain tampilan menu tersebut, aplikasi CIS juga menyuguhkan informasi terbaru terkait PDAM Surya Sembada Surabaya. Ini diharapkan pelanggan dapat mengetahui informasi secara real time.
Aplikasi CIS dapat diperoleh dengan mudah bagi para pelanggan. Pelanggan tinggal ketik kata kunci Customer Information System di playstore pada telepon genggam dengan OS Android kemudian mengunduh aplikasi tersebut.
Setelah aplikasi diunduh, langkah selanjutnya adalah mengisi informasi seputar data pelanggan, nama, nomor pelanggan dan nomor handphone. Kemudian pelanggan akan menerima SMS kode verifikasi OTP (One Time Password) untuk masuk atau login.
“Pelanggan yang mendownload aplikasi ini tidak perlu khawatir tentang keamanan datanya. Karena semua data itu tersimpan di server kami sendiri dan kami jamin aman. Apalagi kami sudah ISO 27001 dan sudah kerja sama dengan BSSN juga untuk keamanan sistem,” terang Arief.
Oleh karena itu, Arief berharap kepada semua pelanggan PDAM Surya Sembada Surabaya agar dapat mendownload aplikasi CIS untuk mendapatkan kemudahan pelayanan.
“Hingga saat ini, aplikasi ini sudah didownload sekitar 100 ribu lebih. Kami yakin akan terus bertambah seiring berjalannya waktu,” pungkasnya. (*/A1)