Bicara Indonesia
Indonesia Positive Journalism

Dampingi Kasal, Pangkoarmada II Monitor Pelaksanaan Serbuan Vaksin di Prapat Kurung

Bicaraindonesia.idSetelah meninjau pelaksanaan serbuan vaksin di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Panglima Koarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto, kembali mendampingi Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, memonitor pelaksanaan serbuan vaksinasi Covid-19 yang berlangsung di Lapangan Prapat Kurung Surabaya, Kamis (24/6/2021).

Turut hadir mendampingi Kasal yakni Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Irjen TNI Letjen TNI Bambang Suswantono, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto, Kakorsabhara Polri, dan Danlantamal V Surabaya.

Dalam kegiatan tersebut, vaksin ditujukan kepada para pekerja pelabuhan, dan masyarakat umum di sekitar area Pelabuhan Tanjung Perak. Mereka menjadi tujuan utama karena selama ini mereka memiliki risiko dan mobilitas tinggi bekerja di pelabuhan internasional, tempat keluar masuknya kapal asing dan domestik.

“Karenanya sebagai salah satu penopang ekonomi, para pekerja pelabuhan harus mendapat vaksin agar sehat dalam bekerja,” kata Kasal dalam keterangan resminya.

Kasal yang hadir mewakili Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto ini mengatakan, bahwa serbuan vaksinasi ini dilaksanakan secara massal untuk mendukung program vaksinasi pemerintah yang mentargetkan 1 juta vaksin per hari secara nasional.

“Vaksinasi akan dilaksanakan di 100 titik di seluruh Indonesia, dan merupakan kerja sama antara Kementerian Kesehatan, TNI-Polri, BNPB, dan pemerintah daerah dengan harapan dapat mempercepat pencapaian herd immunity dan dapat terwujud program pemerintah menuju Indonesia sehat dan bebas Covid-19,” jelas Kasal.

Dalam kesempatan ini, Kasal juga menyampaikan, bahwa untuk hari ini dari target 1200 orang telah terpenuhi sebanyak 700. Kemudian, sisanya akan dilanjutkan esok hari untuk memenuhi target yang ditetapkan.

Kasal pun berharap program vaksin nasional ini berjalan sukses, dan menjadikan masyarakat lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan sebagai kebutuhan utama dengan selalu menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Dalam pelaksanaan serbuan vaksinasi di area Pelabuhan Tanjung Perak, TNI AL melibatkan puluhan vaksinator dari Diskes Koarmada II, Diskes Lantamal V, RSPAL Dr. Ramelan, RS Marinir Ewa Pangalila, Satkes Kodiklatal, RSAL Dr. Sukantya Yahya Juanda, Kesdam V/Brawijaya, Bidokkes Polda Jatim dan KKP Tanjung Perak.

Selain itu, TNI AL juga menerjunkan Ambulance dan tim dukungan kesehatan untuk mendukung pemantauan atau evakuasi pasca imunisasi. (Pen2/HD1/A1)

Kirim Komentar: