Bicara Indonesia
Indonesia Positive Journalism

Kemhan dan TNI Kembali Terima Bantuan Alat Kesehatan dari Dephan Australia

Bicaraindonesia.idKementerian Pertahanan (Kemhan) Republik Indonesia dan TNI kembali menerima bantuan Alat Kesehatan (Alkes) dari Departemen Pertahanan (Dephan) Australia. Bantuan ini untuk mendukung pelaksanaan penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Wakil Duta Besar Australia untuk Indonesia Allaster Cox, kepada Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemhan RI Marsdya TNI Donny Ermawan T., M.D.S., Kamis (8/4/2021) di Kemhan, Jakarta.

Bantuan ini merupakan yang kedua kalinya, dimana sebelumnya pada Agustus 2020, Australia juga telah memberikan bantuan Alkes. Bantuan Alkes seberat 20,9 ton tersebut, di antaranya berupa SD Biosensor Test Kits (Standard Q Covid-19 AG Test), Respiratory Masks (N-95 and P2), dan Hand Sanitiser Gel 75% Alcohol (100 ml dan 500 ml).

Sekjen Kemhan atas nama Kemhan RI dan TNI pada kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Dephan Australia atas bantuan Alkes yang diberikan, dan tentunya bantuan tersebut akan sangat bermanfaat membantu upaya penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

“Kami mewakili rekan – rekan dari TNI menyampaikan terimakasih, bantuan ini nanti selanjutkan akan segera didistribusikan kepada Prajurit TNI di lapangan,” kata Sekjen Kemhan RI, Marsdya TNI Donny Ermawan T., M.D.S., dalam laman resminya.

Bantuan Alkes dari Dephan Australia ini menandai semakin eratnya hubungan persahabatan kedua negara. Sebagai dua negara yang bertetangga, kerjasama Indonesia dan Australia sudah terjalin sejak lama dan erat khususnya kerjasama antara Kemhan RI dan Dephan Australia di berbagai bidang, termasuk kerjasama penanggulangan bencana seperti pandemi Covid-19.

Sekjen Kemhan RI berharap, pandemi Covid-19 dapat segera berakhir sehingga kegiatan – kegiatan kerjasama di bidang pertahanan antara kedua negara baik antara Kemhan RI dan Dephan Australia maupun antara TNI dan Angkatan Bersenjata Australia dapat berjalan normal kembali.

Sementara itu Wakil Duta Besar Australia, Allaster Cox menyampaikan, kerjasama antara Australia dan Indonesia dalam menghadapi tantangan pandemi Covid-19 merupakan hal yang penting. Bantuan Alkes ini diharapkan dapat mendukung upaya penangaan Covid-19 di Indonesia, khususnya untuk melindungi para Prajurit TNI di lapangan.

Semangat kerjasama kedua negara baik sekarang maupun masa depan diharapkan akan semakin meningkat. Menurutnya, banyak ketidakpastian di masa depan, untuk itu sebagai dua negara bertetangga, Indonesia dan Australia perlu terus bekerjasama dengan baik dan saling membantu untuk menghadapi tantangan – tantangan bersama di kawasan.

“Saat Australia menghadapi tantangan besar seperti kebakaran hutan pada tahun 2019, Indonesia memberikan bantuan dengan mengirimkan pasukan TNI ke Australia dan kami sangat merasakan manfaatnya atas bantuan tersebut,” ungkapnya.

Bantuan Alkes dari Dephan Australia untuk Kemhan dan TNI dikirim dalam dua gelombang. Gelombang pertama dengan berat total 5 ton’s, meliputi 100 ribu masker N95 dan 100 ribu masker P2, 100 ribu TES KIT Covid-19 Biosensor. Sedangkan gelombang kedua dengan berat total 15,9 ton’s berupa Hand Sanitizer 100ml sebanyak 25.056 botol dan Hand Sanitizer 500ml sebanyak 24.966.

Acara penyerahan Bantuan Alkes tersebut dihadiri beberapa Pejabat Kemhan, serta pejabat perwakilan dari Mabes TNI dan Angkatan. Sedangkan dari Kedutaan Besar Australia, hadir Plt. Atase Pertahanan Australia, Group Captain Cal Harrison dan Staf Kedutaan Besar Australia di Jakarta. (Humas Setjen Kemhan / B1)

Kirim Komentar: