Bicara Indonesia
Indonesia Positive Journalism

Green Been Jadi Komoditas Kopi Unggulan UB Forest


Bicaraindonesia.id Sebagai sebuah unit bisnis yang bergerak di bidang produksi kopi, UB Forest terus mengembangkan pasarnya. Salah satu yang menjadi produk andalan mereka adalah adalah Green Bean.





Staff Pemasaran UB Forest, Diega Ramadhan mengatakan, Green Bean paling diminati oleh konsumen terutama untuk kalangan coffee shop.





“Green Bean sendiri terkait pasarnya lebih banyak dengan industri kecil, seperti coffee shop yang ada di Malang. Mereka sudah banyak yang ambil dari kita. Pesanan rutin dari beberapa Coffee Shop tersebut juga sudah banyak mulai dari  satu kuintal hingga satu ton per bulan,” kata Diega dalam keterangan tertulis.





Banyaknya usaha makanan dan minuman lebih memilih Green Bean, karena selain untuk stok selama satu tahun ke depan, biji kopi tersebut akan diproses sesuai dengan cita rasa kafe tersebut.





Menurutnya, biji kopi yang diproduksi UB Forest mempunyai ciri khas dibandingkan yang lain. Tanaman kopi yang dimiliki UB Forest berada di bawah tegaknya pohon pinus menjadi ciri khas dibandingkan yang lain.





“Kita tidak takut kehilangan pasar ya, karena biji kopi yang kita tanam mempunyai ciri khas dibandingkan yang lain. Rata-rata di kebun kopi yang lain tegakkannya tidak sebanyak yang kita miliki,” katanya.





Untuk pemasaran ke depan, Diega mengungkapkan, saat ini pihaknya lebih fokus pada peningkatan panen. Terutama perbaikan on farm untuk perawatan pohon, peremajaan, pemberian pupuk organik secara rutin dan pembersihaan lahan.





“Saat ini sudah ada beberapa yang jual di luar malang, seperti Bandung dan Jakarta. Namun saat ini kita lebih fokus dulu ke produksi. Jika sudah naik baru kita lebarkan sayap ke daerah-daerah yang lain dan kalau bisa ekspor,” kata dia.





Bahkan, Diega mengaku, pihaknya juga pernah mendapat tawaran ekspor 20 ton green bean. Namun, produksi mereka belum bisa memenuhi tawaran itu.





“Sementara produksi kita belum sampai segitu, dan insya allah ke depan sudah bisa terpenuhi permintaan pasar untuk ekspor,” ujar Diega.





Selain fokus pada produksi kopi, UB Forest juga bakal mengembangkan program ekowisata.





Ekowisata yang akan dikembangkan adalah berbentuk seperti tour ke kebun kopi. Pengunjung bisa melihat langsung bagaimana proses menanam pohon kopi, pengolahan kopi dan produksi kopi.


Baca Berita Lainnya:
Kirim Komentar: