Surabaya, BicaraIndonesia.id – Komisi B DPRD Kota Surabaya optimis, para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Surabaya bisa melakukan akselerasi untuk dapat dengan cepat naik kelas.
“Saya optimis para UMKM Surabaya bisa tumbuh dan berkembang serta bisa segera naik kelas,” kata Wakil Ketua Komisi B DPRD Surabaya, Anas Karno dalam keterangan tertulisnya, dilansir pada Selasa (13/6/2023).
Menurut Anas, optimisme tersebut didasari setelah Kota Surabaya melakukan banyak inovasi dan kolaborasi dalam mengembangkan UMKM lokal. Salah satunya menerapkan teknologi digital di sektor ekonomi.
“Dengan penerapan teknologi dan berbagai kolaborasi serta inovasi inilah yang bisa dimanfaatkan oleh UMK, sehingga para pelaku UMKM ini bisa mendongkrak transaksi mereka,” jelasnya.
Legislator Fraksi PDI Perjuangan Surabaya ini menambahkan, dengan penerapan teknologi di sektor ekonomi, para pegiat UMKM lokal dapat semakin berkembang dan dapat memperluas pasar. Juga, mampu menjangkau ke berbagai daerah di Indonesia maupun mancanegara.
“Jika demikian maka, untuk bisa menjadi raja dan tuan rumah di negeri sendiri tidaklah sulit,” harapnya.
Oleh karena itu, Anas menyatakan, bahwa optimisme tersebut harus bisa memacu para UMKM untuk juga bergotong royong dalam memajukan usaha.
“Harus ada passion sehingga dalam melakoni usaha ada rasa kebahagian. Dimana keceriaan yang dipadukan dengan kelapangan hati serta syukur dalam jiwa akan melahirkan kebahagiaan. Ini yang dibutuhkan UMKM untuk bisa terus eksis,” pesan tokoh penggerak UMKM tersebut.
Di lain kesempatan, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Surabaya Rini Indriyani berkolaborasi dengan marketplace (pasar daring) Tokopedia, melakukan live shopping. Keduanya unjuk kebolehan menawarkan produk UMKM yang ada di Surabaya Kriya Galeri (SKG) Siola secara online pada Minggu (11/6/2023).
“Kami berterima kasih kepada Tokopedia karena terus bersinergi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya,” kata Wali Kota Eri Cahyadi.
Dalam momen itu, Wali Kota Eri juga menyampaikan bahwa Kota Pahlawan memiliki Surabaya Kriya Galeri (SKG). Dimana seluruh produk UMKM Surabaya mulai makanan, pakaian, hingga tas tersedia di sana. “Ini merupakan produk UMKM Surabaya. Bahkan yang saya kenakan pun adalah produk UMKM Kota Surabaya,” katanya.
Sementara itu, Ketua Dekranasda Kota Surabaya Rini Indriyani menyampaikan bahwa kegiatan live shopping bersama Tokopedia merupakan salah satu upaya memasarkan produk UMKM. Bagaimana mengenalkan produk UMKM bukan hanya di Kota Surabaya tetapi juga ke luar daerah.
“Jadi, bisa membeli produk UMKM melalui Tokopedia. Produk UMKM di SKG Siola maupun SKG MERR pun bisa diakses melalui Tokopedia,” pungkasnya. (*)
Editorial: A1