Bicara Indonesia
Indonesia Positive Journalism

3000 Personel Gabungan TNI-Polri Dikerahkan Amankan WSBK di Mandalika

Bicaraindonesia.idEvent internasional World Superbike Championship (WSBK) dan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) akan digelar pada 6 Maret 2022. Untuk pengamanan, personel gabungan TNI-Polri dikerahkan mencapai 3.000 orang.

“Setidaknya minimal tiga ribu personel, karena kita terus melakukan updating tentang manajemen pengamanan ini. Tapi personel gabungan TNI-Polri minimal tiga ribu,” kata Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) Irjen Mohammad Iqbal dalam keterangan resminya, Kamis (11/11/2021).

Hal itu disampaikan Irjen Mohammad Iqbal saat mendampingi Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyaksikan simulasi pengamanan WSBK dan Asia Talent Cup di Sirkuit Mandalika pada Rabu (10/11/2021).

Penambahan personel dilakukan, untuk memberikan rasa aman sekaligus upaya sebagai pencegahan dari gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Iqbal menyebut, 3.000 personel gabungan TNI-Polri akan berjaga di ratusan area di NTB. Bahkan, aparat keamanan bakal tersebar dari perbukitan hingga jalan-jalan terowongan di NTB. “Tentang titik-titik tersebut dan floating-floating tersebut hampir ratusan kita lakukan. Bahkan di perbukitan, di terowongan, dan lain-lain,” ujar Iqbal.

Selain pengamanan pola terbuka, Iqbal memastikan, pengamanan pola tertutup sudah dipersiapkan dengan matang oleh Polda NTB dan Korem 162/Wira Bhakti. “Dan kita tidak bisa buka (strategi pengamanan) semuanya ke ranah publik,” imbuhnya.

Iqbal menyatakan, pihaknya bersama Korem 162/Wira Bhakti serta Pemprov NTB telah menyiapkan strategi pengamanan secara detail, komprehensif, sinkron, dan kolaboratif. Semisal screening berlapis bagi penonton yang akan hadir di Sirkuit Mandalika. (HMS/B1)

Kirim Komentar: