Bicara Indonesia
Indonesia Positive Journalism

TNI AL Siap Bantu Suplai Oksigen bagi Rumah Sakit

Bicaraindonesia.idTNI Angkatan Laut melalui Koarmada II siap membantu Pemerintah Provinsi (Provinsi) Jawa Timur, untuk pengadaan isi ulang oksigen bagi rumah sakit yang membutuhkan di masa pandemi Covid-19.

Terkait hal tersebut, Pangkoarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto, menyambut kunjungan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa di dermaga Madura Ujung Koarmada II, Rabu (21/7/2021). Kunjungan ini dalam rangka pengecekan pengisian tabung oksigen di KRI dr. Soeharso-990.

Sebelum mengecek pengisian tabung oksigen, Komandan KRI SHS-990, Letkol Laut (P) Choirul Arif memberikan paparan tentang kemampuan, metode serta alur pengisian oksigen di kapal bantu rumah sakit tersebut.

Menurutnya, generator oksigen KRI dr. SHS-990 selama 24 jam mampu mengisi 15 tabung oksigen dengan kapasitas 6.000 liter. Kemudian, 65 tabung berkapasitas lebih kecil 1.500 liter.

Nantinya, tabung-tabung oksigen yang kosong akan diangkat menggunakan crane ke atas lambung kapal, untuk digeser ke ruang central oksigen. Setelah diisi ulang, tabung-tabung tersebut akan diturunkan kembali ke dermaga dengan crane.

Di KRI SHS-990 saat ini, tabung oksigen yang sudah terisi dan siap pakai ada 29 tabung. Rencananya, Gubernur Jatim akan memberikan tabung kosong sebanyak 100 tabung untuk diisikan ulang.

Sementara itu, Pangkoarmada II mengungkapkan, jika keikutsertaan TNI AL membantu Pemprov Jatim mengatasi kelangkaan oksigen, adalah instruksi langsung Kasal Laksamana TNI Yudo Margono.

“Tujuannya adalah untuk membantu mempermudah masyarakat mendapatkan isi ulang oksigen, terutama yang sedang menjalani isoman maupun ambulance dan rumah sakit yang membutuhkan tambahan oksigen. Sehingga, harapannya jumlah pasien yang sembuh dari Covid-19 di Surabaya dan sekitarnya mengalami peningkatan,” jelas Laksda Iwan dalam keterangan resminya.

Dalam peninjauan tersebut, turut hadir Sekdaprov Jatim, Dirut RSUD Dr. Soetomo Surabaya, serta Pejabat Utama Koarmada II. (HD1/A1)

Kirim Komentar: