Bicara Indonesia
Indonesia Positive Journalism

Gelar Vaksinasi Serentak, Kodam V Brawijaya Pakai Vaksin AstraZeneca

Bicaraindonesia.idPemakaian vaksin AstraZeneca di Indonesia masih mengundang pro dan kontra. Namun, jajaran Kodam V Brawijaya tetap menggunakan vaksin ini dalam kegiatan vaksinasi yang berlangsung serentak di 41 fasilitas kesehatan (faskes) di wilayah Kodam V Brawijaya pada 18 hingga 21 Mei 2021.

Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Suharyanto mengatakan, vaksin yang digunakan adalah AstraZeneca tipe 546 yang telah direkomendasikan pemerintah aman untuk dipakai.

”Alhamdulillah lancar dan saya juga sempat ngobrol dengan mereka yang sudah divaksin, tidak ada gejala KIPI (kejadian ikutan pasca imunisasi),” kata Pangdam V Brawijaya dalam keterangan resmi yang diterima Bicaraindonesia.id, Kamis (20/5/2021).

Suharyanto lantas mengungkapkan, kegiatan vaksinasi tersebut digelar secara serentak di 41 faskes di wilayah Kodam V Brawijaya. Jumlah vaksin sebanyak 21 vial vaksin AstraZeneca jenis 546.

Vaksinasi serentak ini dilakukan kepada 12 ribu orang keluarga besar TNI Angkatan Darat yang berada di lingkup Kodam V/Brawijaya dengan vaksin AstraZeneca

Sejauh ini, Suharyanto menyatakan, ada sebanyak 80 persen prajurit TNI yang sudah mengikuti vaksinasi. Di wilayah Kodam V Brawijaya, terdapat sekitar 26 ribu prajurit TNI dan 2 ribu PNS.

”Rata-rata sudah vaksin. Sejauh ini yang belum melakukan vaksinasi karena tekanan darah tinggi, komorbid, dan melaksanakan tugas,” ungkapnya.

Suharyanto menjelaskan, bahwa vaksinasi sangat penting dilakukan dalam upaya memerangi dan memutus mata rantai COVID-19.

“Dengan protokol kesehatan ketat vaksinasi berjalan lancar serta mampu melindungi masyarakat dari ancaman penyebaran virus COVID-19 di Jawa Timur,” pungkasnya (T1/A1)

Kirim Komentar: