Bicara Indonesia
Indonesia Positive Journalism

UK Petra Gelontorkan Beasiswa di Masa Pandemi Covid-19 Rp 5,5 Miliar

Bicaraindonesia.id Sebagai bentuk kepedulian dan apresiasi terhadap mahasiswa, Universitas Kristen Petra (UK Petra) kembali menyalurkan berbagai beasiswa untuk semester genap di tahun ajaran 2020/2021.

Terdapat berbagai skema beasiswa yang diberikan pada semester ini, baik beasiswa yang berasal dari sumber internal maupun eksternal. Seperti di antaranya adalah Beasiswa Petra Peduli Covid-19, Beasiswa Petra Peduli, Beasiswa untuk Mahasiswa Berprestasi dan Beasiswa I-Care UKP.

Ceremony penerimaan beasiswa semester genap 2020/2021 dilaksanakan secara daring pada 28 April 2021 lalu. Beasiswa semester ini diberikan kepada total 725 mahasiswa aktif UK Petra, sembilan orang di antaranya hadir sebagai perwakilan untuk menerima beasiswa secara simbolis. Pada semester ini, UK Petra menggelontorkan dana lebih dari Rp 5,5 miliar

Tidak hanya beasiswa dengan sumber dana internal, UK Petra juga menyalurkan Beasiswa I-Care UKP yang diperoleh dari para donatur, alumni, dan juga dari kalangan industri. Tergolong dalam kelompok ini adalah dana-dana yang dihimpun dari upaya fundraising.

Misalnya, diperoleh dari beberapa panitia seminar, yang hasilnya ditujukan bagi mahasiswa UK Petra yang mengalami kesulitan ekonomi akibat pandemi Covid-19. Total dana yang diperoleh dari para donatur dan disalurkan dalam bentuk beasiswa semester ini lebih dari Rp 705 juta.

Rektor UK Petra, Djwantoro Hardjito mengaku bersyukur, lantaran UK Petra dapat menyisihkan anggaran untuk beasiswa mahasiswanya. Khususnya bagi para mahasiswa yang terancam kelanjutan studinya akibat dampak pandemi Covid-19.

“Yang sangat membanggakan adalah adanya donatur-donatur dari alumni, non alumni, maupun dari teman-teman mahasiswa yang mau menyisihkan sebagian berkat Tuhan untuk teman-teman yang saat ini lebih membutuhkan. Saya berharap, teman-teman yang menerima berkat Tuhan dalam bentuk beasiswa ini, suatu saat nanti juga mau menyediakan diri dipakai Tuhan untuk menjadi saluran berkat bagi orang lain,” kata Djwantoro dalam keterangan tertulis.

Dengan situasi dan kondisi saat ini, Yayasan Perguruan Tinggi Kristen (YPTK) Petra sebagai badan hukum yang menaungi UK Petra, berkomitmen untuk tetap memberikan bantuan kepada mahasiswa dan calon mahasiswanya. Salah satu wujudnya adalah Beasiswa Petra Peduli Covid-19 yang akan tetap diberikan pada dua semester mendatang di TA 2021/2022.

Komitmen ini untuk memastikan pula keberlanjutan pendidikan para mahasiswa dan mahasiswa baru UK Petra. Di samping skema-skema beasiswa lain, termasuk untuk mahasiswa yang berprestasi menonjol, baik di bidang akademik mapun olah raga dan seni.

Sementara itu, mahasiswi Program Business Management UK Petra, Angelina Melinda mengucapkan terima kasih banyak kepada UK Petra yang telah membantunya secara finansial. Sehingga ia tetap dapat melanjutkan kuliah. Apalagi, pandemi Covid-19 telah berpengaruh terhadap finansial keluarganya.

“Pandemi ini mempengaruhi perekonomian hampir seluruh lapisan masyarakat, termasuk orang tua saya. Dengan adanya Beasiswa Petra Peduli Covid-19 ini, saya dapat meringankan beban orang tua saya, keberlanjutan studi saya terjaga, dan membuat saya semakin semangat untuk belajar dan memberikan yang terbaik bagi keluarga dan juga UK Petra,” ujar Angelina. (A1)

Baca Berita Lainnya:
Kirim Komentar: