Bicara Indonesia
Indonesia Positive Journalism

30 Unit Tank BMP-3F, Siap Perkuat Korps Marinir Tahun Depan


Bicaraindonesia.idSedikitnya 30 unit tank tipe BMP-3F akan memperkuat Pasukan Baret Ungu (Korps Marinir) pada tahun 2020 mendatang. Tank yang bisa digunakan di dua medan ini didatangkan langsung dari Ukraina.





Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana TNI Siwi Sukma Adji seusai Upacara HUT Korps Marinir di Lapangan Hitam, Bhumi Marinir Karang Pilang Surabaya, Jum’at (15/11/19).





“Ada dua alutsista yang kita upayakan untuk memperkuat jajaran Korps Marinir, yakni Tank dan Drone yang menjadi prioritas,” kata dia.





Menurutnya, Drone tersebut akan digunakan untuk misi pemantauan udara dalam misi penembakan yang dilakukan oleh Korps Marinir. Sementara untuk tank, Korps Marinir akan menerima Tank jenis BMP-3F.





“Tank ini yang bisa digunakan di dua medan, ini didatangkan dari Ukraina, dan diperkirakan akan tiba di Indonesia pada tahun 2020 mendatang, antara 30 sampai 40 unit tank,” terangnya.





Tank tipe BMP-3F
Tank tipe BMP-3F ketika di darat | Dok. Koptu (Mar) Syarifuddin




Seperti yang diketahui, sebagai kendaraan tempur amfibi, BMP-3F mempunyai kelebihan karena mampu bertahan cukup lama di dalam lautan. Selain itu, tank tipe ini juga mampu menangkis ombak hingga level 2 tanpa membuat kendaraan lapis baja ini bergerak.





Menariknya, tank jenis ini juga dilengkapi dengan kanon otomatis dengan kaliber 30 milimeter, peluncur roket berkaliber 100 milimeter dan mitraliur kaliber 7,62 milimeter.





Kelengkapan ini telah terpasang dikendaraan tempur tank tipe BMP-3F tanpa harus mengganggu daya jelajah kendaraan dan bisa berjalan dengan maksimal.


Kirim Komentar: