Bicaraindonesia.id, Surabaya – Persebaya memasuki babak baru musim ini. Untuk kali pertama, klub sepak bola asal Kota Surabaya, Jawa Timur, itu didukung oleh sponsor internasional.
Sponsor itu adalah NFKings, yakni sebuah perusahaan digital yang berbasis di Shanghai, China. Dengan brand KingsWallet, Persebaya bersama NFKings, bakal memberikan pengalaman baru bagi Bonek, dalam berinteraksi dengan klub.
NFKings diperkenalkan kepada media sebagai sponsor Green Force – julukan Persebaya, dalam konferensi pers di Surabaya Town Square pada Jumat (29/8/2022) lalu.
Karena situasi pandemi Covid-19 yang memburuk di China, para petinggi NFKings tidak bisa terbang ke Surabaya. Termasuk co-founder dan CEO NFKings Matthew Lim. Ia memberikan penjelasan kepada media melalui layanan teleconference.
”Kami senang dan bahagia bisa bekerja sama dengan Persebaya, salah satu klub terbesar di Indonesia bahkan Asia Tenggara,” kata Matthew dalam konferensi pers yang dipandu oleh Presiden Persebaya, Azrul Ananda.
“Indonesia memiliki penduduk nyaris 300 juta jiwa, mayoritas cinta sepak bola. Ini adalah peluang yang sangat besar bagi kami,” sambungnya.
Matthew mengaku sudah berbicara dengan sejumlah pihak di Indonesia untuk menjadi partner-nya. Baik dengan klub sepak bola lain, tim e-sport, maupun sejumlah pihak dengan ekosistem fans besar.
Namun, pada akhirnya mereka memilih Persebaya. Ini karena Persebaya dinilai punya basis massa yang besar, loyal, dan memiliki kedekatan yang sangat kuat dengan klub.
”Saya sudah melihat interaksi Persebaya dengan fans melalui sosial mereka klub, kami melihat hubungan yang sangat kuat dan itu menjadi modal untuk pengembangan ekosistem digital ke depannya,” papar Matthew.
Azrul Ananda menambahkan, akan banyak kerja sama antara Persebaya dengan NFKings ke depan. Namun, yang akan digarap paling awal adalah tiket NFT. Tiket yang bisa menjadi koleksi digital itu akan diluncurkan sekitar laga ketiga atau keempat kandang Bajol Ijo (Julukan Persebaya)
”Tiket NFT Persebaya bersama NFKings ini akan berbeda, tiket ini bisa dikatakan hidup, berbeda dengan tiket NFT lain. Mohon bersabar, karena sedang kami kembangkan, dan kami akan segera umumkan detailnya,” jelas Azrul.
Selain tiket NFT, bersama NFKings, Persebaya juga akan menggarap e-commerce dan pengembangan ekosistem web3 lainnya. (T1/A1)