BicaraIndonesia.id, Surabaya – Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Surabaya Utara, menyatakan secara konsisten terus berupaya membenahi kinerja pelayanan kepada masyarakat atau Wajib Pajak (WP).
Salah satunya dengan terus berinovasi serta melakukan penertiban calo pada semua unit layanan yang ada di wilayah Samsat Surabaya Utara.
Demikian ditegaskan Perwira Administrasi (Pamin) Samsat Surabaya Utara Iptu Eko Sukamto, bersama Kepala Administratur Pelayanan (Adpel) Samsat Surabaya Utara, Fajar Sidiq, kepada awak media, Selasa 14 Januari 2025.
Iptu Eko Sukamto menyampaikan bahwa saat ini banyak perubahan pelayanan pada loket-loket layanan di Kantor Bersama Samsat Surabaya Utara.
Selain perbaikan pelayanan, Samsat yang berada di Jalan Kedung Cowek No 373 Kenjeran Surabaya ini, juga getol menertibkan para calo yang berada di sekitar kantor layanan.
“Kita terus meminimalisir ruang gerak para calo di kantor layanan Samsat ini. Tindakan tegas ini akan terus menerus kita laksanakan guna memberikan rasa nyaman serta keamanan bagi para wajib pajak,” tegas Iptu Eko dalam keterangannya dikutip pada Selasa 14 Januari 2025.
Sementara itu, Fajar Sidiq menambahkan, bahwa selain dilakukan anggota Samsat, penertiban juga dibantu oleh Satuan Provost. Namun dalam pelaksanaannya, anggota Samsat tetap mengedepankan sikap humanis.
“Mereka para calo yang bandel ini dan biasa mencari korban di sekitar halaman, ruang tunggu maupun teras kantor layanan Samsat langsung kita tertibkan, bilamana ada unsur pelanggaran hukumnya maka segera kita proses sesuai hukum yang berlaku. Hal ini untuk memberikan efek jera pada mereka,” tegas Fajar. ***
Laporan: Joko
Editorial: And