Bicara Indonesia
Indonesia Positive Journalism

Panglima TNI Bahas Peluang Penguatan Hubungan Kerja Sama Pertahanan dengan Australia

Bicaraindonesia.idPanglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, menerima Kunjungan Kehormatan Panglima Angkatan Bersenjata (Pangab) Australia Jenderal Angus John Campbell, AO, DSC di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Jumat (5/11/2021).

Dalam pertemuan itu, Panglima TNI mengungkapkan, salah satunya yang dibicarakan adalah mengenai peluang penguatan hubungan kerja sama pertahanan yang terjalin sejak lama antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan Australian Defence Force (ADF).

“Kami membicarakan peluang penguatan hubungan kerjasama pertahanan antara kedua negara yang telah terjalin sejak lama dan erat khususnya kerjasama antara TNI dan ADF di berbagai bidang, termasuk kerjasama penanggulangan bencana seperti pandemi Covid-19,” kata Panglima TNI sebagaimana dikutip dalam instagram @hadi.tjahjanto, Jumat (5/11/2021).

Panglima TNI menyampaikan, bahwa kunjungan kehormatan Panglima Angkatan Bersenjata (Pangab) Australia ini merupakan kali kedua. Ini setelah sebelumnya kunjungan serupa berlangsung di tahun 2019 lalu.

“Rangkaian kunjungan diawali dengan peletakan karangan bunga dan mengheningkan cipta (Wreath Laying) sebagai tanda penghormatan untuk arwah awak KRI Nanggala-402 di Museum Bhakti TNI,” ungkapnya.

Panglima TNI juga menyebutkan, bahwa Jenderal Angus John Campbell, AO, DSC., menyampaikan penghargaan dan apresiasi atas jalinan hubungan dan kerja sama antara kedua Angkatan Bersenjata yang semakin erat. Walaupun terdapat kendala pandemi, tetapi interaksi antara kedua institusi terus berlangsung.

“Jenderal Angus John Campbell, AO, DSC., menyampaikan ungkapan terima kasih dan kebanggaan atas keterlibatan personel TNI dan BNPB dalam upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Australia,” tutur Panglima TNI.

Pihaknya pun menyampaikan apresiasi bantuan dari Pemerintah Australia untuk penanganan pandemi di Indonesia. Serta, keterlibatan Angkatan Laut ADF dalam upaya pencarian dan evakuasi KRI Nanggala di perairan utara Bali.

“Saya menghargai keterbukaan dan interaksi langsung, serta berbagai inisiatif yang telah dilaksanakan, yang sangat penting bagi upaya membangun rasa saling percaya dan membangun hubungan yang lebih kuat di masa mendatang,” katanya.

Dalam kesempatan ini, Panglima TNI juga memberi kejutan berupa pengumuman penganugerahan Bintang Yudha Dharma Utama dari Pemerintah RI yang nantinya akan dianugerahkan kepada Jenderal Angus Campbell. (A1)

Kirim Komentar: