Bicara Indonesia
Indonesia Positive Journalism

Cara Unik Korps Marinir Kampanyekan Larangan Mudik Melalui Video ‘Super Marines’

Bicaraindonesia.idDalam beberapa hari terakhir, di jagad maya beredar video unik yang berisi tentang kampanye larangan mudik dari Korps Marinir. Dalam video berdurasi sekitar 3 menit ini, menceritakan tokoh fiksi ‘Super Marines’ yang diperankan Prajurit Korps Marinir melarang pemudik yang akan pulang kampung.

Dalam video ini, terlihat seorang musisi bernama “Oma” yang berpamitan dengan kekasihnya “Ani” untuk pulang kampung. Oma berpamitan karena ingin merayakan lebaran bersama keluarga di kampung halaman.

Namun, keinginan Oma ini rupanya dilarang oleh Ani. Oma yang sudah tidak bisa menahan rindu untuk bertemu orang tuanya, tetap bersikeras untuk pulang kampung.

Oma yang tetap memutuskan untuk pulang kampung, akhirnya meninggalkan Ani. Namun dalam perjalanan, Oma dihadang oleh Super Marines yang saat itu tengah berjaga dan bertugas untuk melarang masyarakat yang akan pulang kampung pada lebaran tahun ini.

Super Marines pun menjelaskan kepada Oma, bahwa meskipun seseorang sudah melakukan vaksin dan membawa surat keterangan sehat, namun itu semua tidak menjamin seseorang tidak menularkan virus kepada orang lain. Terutama, kepada keluarga yang ada di kampung halaman.

Super Marines yang sudah berupaya membujuk agar oma tidak mudik, akhirnya terlibat perkelahian. Alhasil, Super Marines berhasil melumpuhkan Oma sehingga ia memutuskan untuk tidak pulang ke kampung halaman pada lebaran tahun ini.

Kreator tokoh fiksi Super Marines, Kolonel Marinir Freddy Ardianzah mengatakan, bahwa latar belakang pembuatan video imbauan larangan mudik lebaran 2021, karena selama setahun kondisi darurat kesehatan terkait COVID-19 telah berdampak pada berbagai sektor kegiatan. Baik itu sektor perekonomian maupun sosial masyarakat.

Hal inilah yang kemudian membuat Korps Marinir TNI AL harus terus berperan aktif dalam berbagai program dan langkah-langkah penanganan pandemi. Upaya ini sejalan dengan kebijakan pemerintah yang harus dilaksanakan secara cepat dan tepat.

“Untuk itu sejak setahun yang lalu, tokoh fiksi Super Marines hadir untuk memberikan edukasi dan informasi yang cukup menghibur serta relevan dengan kondisi Pandemi saat ini,” kata Kolonel Marinir Freddy Ardianzah saat dihubungi Bicaraindonesia.id, Selasa (11/5/2021).

Kreator yang sekaligus menjadi Komandan Brigif 1 Marinir tersebut menjelaskan, bahwa semua pemeran dan crew dalam pembuatan video Super Marines adalah prajurit-prajurit Korps Marinir TNI AL.

“Video secara continue tersebut telah diunggah di official IG, FB dan kanal YouTube Korps Marinir TNI AL,” ungkapnya.

Perwira dengan 3 Melati dipundaknya tersebut juga berpesan kepada masyarakat agar terus mendukung upaya pemerintah dalam mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Ini bukan semata-mata larangan, namun sebuah bentuk perlindungan. Dengan tidak mudik, berarti kita menjaga keselamatan keluarga di kampung halaman dan upaya pemulihan bangsa Indonesia akan semakin cepat terwujud,” tutupnya. (T1/A1)

Kirim Komentar: