Bicaraindonesia.id, Jakarta – PT Kereta Api Indonesia (Persero) terus memperkuat kesiapan Angkutan Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 melalui modernisasi sarana, peningkatan keandalan operasi, dan penguatan layanan pelanggan. Langkah ini diambil untuk memastikan kenyamanan dan kelancaran perjalanan pada periode puncak mobilitas masyarakat.
Hingga November 2025, seluruh 35 trainset Stainless Steel New Generation (SSNG) produksi PT INKA telah hadir dan siap memperkuat operasional. Total 612 unit kereta penumpang, kereta makan, serta kereta pembangkit kini resmi melengkapi armada KAI.
Kehadiran sarana baru tersebut tidak hanya menambah kapasitas pelayanan, tetapi juga mendukung kesiapan menghadapi proyeksi lonjakan permintaan selama masa Nataru.
Direktur Utama KAI, Bobby Rasyidin, menegaskan bahwa penguatan sarana menjadi bagian penting dalam menjaga kualitas perjalanan akhir tahun.
“Kehadiran 35 trainset baru ini memperkuat kesiapan operasional kami. Sarana yang lebih modern dan andal ini kami hadirkan agar pelanggan merasakan kualitas layanan yang lebih baik selama masa Nataru,” ujar Bobby dalam siaran persnya dikutip pada Selasa (2/12/2025).
Rangkaian SSNG hadir dalam kelas Eksekutif dan Ekonomi, dilengkapi peningkatan desain interior, fasilitas pendukung, hingga teknologi pengoperasian terbaru.
Trainset ke-34 dijadwalkan menggantikan sarana KA Turangga dan KA Argo Wilis untuk menjaga kualitas layanan jarak jauh.
Kesiapan sarana tersebut sejalan dengan proyeksi peningkatan mobilitas pada musim libur akhir tahun. Tahun ini, KAI Group menyediakan 49.635.448 tempat duduk atau meningkat 8,9 persen dibanding tahun sebelumnya.
Selain itu, sebanyak 40.493 perjalanan kereta api dioperasikan untuk memenuhi permintaan pelanggan.
Untuk menambah pilihan perjalanan, KAI menambah 54 perjalanan KA Antarkota per hari pada lintas dengan kebutuhan tertinggi.
Hingga Sabtu (29/11) pukul 09.00, pemesanan tiket Angkutan Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 menunjukkan tren positif. Dari total kapasitas 3.506.104 tempat duduk, sebanyak 715.950 tiket telah terjual atau 20,4 persen.
Minat masyarakat juga meningkat terhadap program tiket diskon 30 persen. Dari 1.509.080 tempat duduk yang disediakan, 243.057 tiket telah dipesan atau 16,3 persen.
Tren ini menunjukkan tingginya animo masyarakat untuk menggunakan layanan kereta api menjelang masa liburan akhir tahun.
Vice President Corporate Communications KAI, Anne Purba, menyampaikan bahwa berbagai penguatan dilakukan agar pelanggan merasakan peningkatan layanan secara menyeluruh.
“KAI berkomitmen menjaga perjalanan Nataru tahun ini tetap lancar, aman, dan nyaman bagi seluruh pelanggan. Kami berharap masyarakat dapat menikmati pengalaman bepergian yang lebih baik melalui layanan yang terus ditingkatkan,” tutup Anne. (*/Pr/A1)


