Bicaraindonesia.id, Jakarta – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) terus menggencarkan promosi pariwisata Indonesia melalui kampanye Wonderful Indonesia di panggung internasional. Kali ini, promosi dilakukan di dua kota strategis Eropa, yaitu Berlin, Jerman dan Roma, Italia, dengan menghadirkan media luar ruang yang berlangsung sepanjang bulan Juli 2025.
Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata, Ni Made Ayu Marthini, menjelaskan bahwa kampanye media luar ruang ini dimulai sejak 1 Juli hingga 31 Juli 2025. Promosi ini menjadi bagian dari strategi menyasar wisatawan mancanegara selama musim liburan musim panas di Eropa.
“Kampanye Wonderful Indonesia menjadi langkah strategis untuk memperdalam upaya promosinya di seluruh Eropa. Ini juga mendukung program unggulan Kementerian Pariwisata, yang berfokus pada penciptaan pengalaman perjalanan yang mendalam, personal, dan otentik yang menawarkan perjalanan bermakna yang berakar pada budaya, alam, dan tradisi lokal,” ujar Ni Made Ayu Marthini dalam siaran tertulisnya di Jakarta dikutip pada Sabtu, (12/7/2025).
Dalam pelaksanaannya, kampanye Wonderful Indonesia kali ini menonjolkan Destinasi Pariwisata Prioritas (DPP) serta Regenerative Destination.
Beberapa destinasi unggulan yang diangkat meliputi Danau Toba di Sumatera Utara, Borobudur di Jawa Tengah, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, Lombok-Mandalika di Nusa Tenggara Barat, dan Bali.
Kampanye ini menampilkan keindahan alam, keragaman budaya, serta pengalaman wisata berkualitas tinggi yang menjadi daya tarik utama Indonesia.
Tak hanya menawarkan petualangan, Indonesia juga menghadirkan kenyamanan yang membekas di hati wisatawan.
“Kampanye ini juga menjadi cerminan komitmen kuat Indonesia terhadap pariwisata berkelanjutan dan pertumbuhan ekonomi inklusif, terutama di tengah pemulihan global dalam perjalanan selama musim liburan musim panas,” imbuhnya.
Untuk promosi di Berlin, Kemenpar menampilkan branding Wonderful Indonesia melalui dua unit open great bus yang beroperasi di rute wisata utama, seperti Kurfürstendamm, Lützowplatz, Gendarmenmarkt, Alexanderplatz, Karl-Marx Allee, East Side Gallery, Neptune Fountain, hingga DomAquaree dan Elefantentor.
Tak hanya itu, kampanye juga tampil di satu unit digital screen di kawasan Kurfürstendamm yang dikenal sebagai pusat perbelanjaan bergengsi di Berlin.
Sementara itu, promosi di Roma mengandalkan dua unit open great bus yang dibalut penuh dengan visual Wonderful Indonesia.
Rute bus mencakup berbagai landmark ikonik Roma seperti Stazione Termini, Santa Maria Maggiore, Colosseo, Circo Massimo, Piazza Venezia, Castel Sant’Angelo, Via Vittorio Veneto, dan Piazza Barberini.
Penayangan promosi juga diperluas melalui digital maxi billboard di Piazza del Risorgimento—lokasi strategis yang berdekatan dengan Vatikan.
Selain itu, satu unit digital billboard di Piazzale Flaminio juga digunakan sebagai titik kampanye, menjangkau wisatawan yang memasuki pusat kota Roma.
“Kampanye ini mengirimkan pesan yang jelas bahwa Indonesia siap menyambut pengunjung dengan pengalaman perjalanan yang aman, hangat, dan tak terlupakan,” pungkasnya. (*/Pr/B1)