BicaraIndonesia.id, Bangkalan – Samsat Bangkalan terus berkomitmen meningkatkan kualitas pelayanan publik dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor.
Kanit Regident Polres Bangkalan, Iptu Tita Puspita Agustina menuturkan, bahwa berbagai inovasi dan penertiban terus dilakukan untuk memastikan pelayanan yang lebih baik bagi masyarakat.
“Kini banyak perubahan pelayanan yang jauh lebih baik pada loket-loket layanan di Kantor Bersama. Apalagi kantor Samsat Bangkalan kita juga baru,” ujar Iptu Tita dalam keterangan tertulis dikutip pada Selasa, 17 September 2024.
Iptu Tita beserta jajarannya, termasuk instansi terkait, berfokus pada peningkatan mutu pelayanan di Kantor Bersama Samsat Bangkalan yang berlokasi di Jalan Soekarno Hatta No. 12, Kecamatan Bangkalan.
Pembenahan ini bertujuan untuk mempercepat proses layanan pajak serta meningkatkan kenyamanan masyarakat yang datang untuk mengurus kendaraan bermotor mereka.
Selain berinovasi dalam layanan, Samsat Bangkalan juga gencar melakukan penertiban terhadap calo-calo yang sering berkeliaran di sekitar kantor Samsat.
Iptu Tita menegaskan bahwa penertiban ini dilakukan secara kolaboratif antara Satlantas dan Satuan Provost Polres Bangkalan untuk mengurangi praktik percaloan yang merugikan wajib pajak.
“Kami terus mempersempit ruang gerak calo di area layanan Samsat. Penertiban ini dilakukan secara konsisten untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat,” tegas Perwira Pengendali di Samsat Bangkalan tersebut.
Dalam setiap operasi penertiban, Iptu Tita memastikan bahwa Samsat Bangkalan selalu bersikap humanis. Mereka hanya menindak tegas para calo yang terus membandel dan masih mencari korban di sekitar area pelayanan Samsat.
“Para calo yang tetap beroperasi di area halaman, ruang tunggu, atau teras kantor Samsat langsung kami tertibkan. Jika ditemukan unsur pelanggaran hukum, maka kami akan memprosesnya sesuai ketentuan yang berlaku. Ini kami lakukan untuk memberikan efek jera,” jelasnya.
Selain memerangi calo, Samsat Bangkalan juga aktif melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya keselamatan berkendara serta kepatuhan dalam mengurus pajak kendaraan.
Salah satu pendekatan yang digunakan oleh Iptu Tita bersama jajarannya adalah dengan membagikan sembako sambil berdiskusi santai bersama masyarakat.
“Semua upaya ini kami berikan agar masyarakat merasa puas terlayani dengan baik, kinerja kita tingkatkan sesuai petunjuk pimpinan dan bahkan sebisa mungkin keluhan dan komplain dari masyarakat sudah tidak ada lagi. Dengan begitu akan terwujud secara nyata bentuk pelayanan yang prima,” tutupnya. ***
Laporan: Jk
Editorial: C1