Bicara Indonesia
Indonesia Positive Journalism

Tingkatkan Jiwa Nasionalisme, Satgas bersama Warga Bentuk Kampung Merah Putih

“Dengan adanya Kampung Merah Putih ini diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat setempat jika diteruskan, dijaga dan dikelola dengan baik karena dapat memancing wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung ke kampung ini”

Bicaraindonesia.idSatgas Pengamanan Pulau Terluar XXIV Wilayah Timur menggagas untuk pembentukan Kampung Merah Putih di batas selatan NKRI. Kampung tersebut berada di desa Oeseli Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Inisiatif ini dilakukan dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan ke 76 Republik Indonesia serta meningkatkan kebanggaan dan jiwa Nasionalisme Cinta Tanah Air kepada masyarakat di ujung selatan NKRI.

Kegiatan tersebut, digagas oleh Komandan Satgas Pengamanan Pulau Terluar XXIV Lettu Marinir Aghy Kauna, S.than dengan melibatkan personel Satgas Pam Pulau Ndana dan masyarakat desa Oeseli beserta komponen lainnya di Kabupaten Rote Ndao, NTT.

Lettu Marinir Aghy Kauna, S.than menyampaikan, bahwa persiapan membentuk Kampung Merah Putih tersebut dilakukan oleh personel Satgas Pulau Terluar bersama masyarakat. Yakni, dengan mengecat dan mewarnai seluruh tembok bangunan dengan warna dan nuansa merah putih serta menghias dengan bendera dan umbul-umbul merah putih.

Tak lupa, personel Satgas Pulau Terluar juga membuat suatu gapura bernuansa merah putih sebagai ikon yang menandai gerbang masuknya menuju kampung merah putih.

Kegiatan tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan potensi wisata yang berada di Rote Ndao tepatnya di desa Oeseli. Apalagi di daerah tersebut, terdapat pantai dan ombak yang bagus khususnya bagi pecinta olahraga air dan para pengrajin tenun.

Satgas bersama warga melakukan pengecatan Kampung Merah Putih | dok/photo: Dispen Kormar /Bicara Indonesia

Selain itu, daerah tersebut juga merupakan tempat untuk menuju area wisata bahari lainnya. Termasuk pula menuju ke Pulau Ndana yang dijaga oleh Satgas Pengamanan Pulau Terluar.

“Dengan adanya Kampung Merah Putih ini diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat setempat jika diteruskan, dijaga dan dikelola dengan baik karena dapat memancing wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung ke kampung ini,” kata Lettu Marinir Aghy Kauna, S.than dalam keterangan resmi yang diterima Bicaraindonesia.id, Selasa (3/8/2021).

Ia juga menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tujuan agar masyarakat di batas negara ini terus terpupuk jiwa nasionalismenya dan selalu mengibarkan semangat merah putih dalam setiap kegiatannya. Hal ini juga dilakukan untuk menjadikan masyarakat sebagai mitra TNI dalam menjaga keutuhan dan keamanan di batas Negara khususnya di selatan NKRI

“Kami berharap hal ini dapat dijaga dan diteruskan serta dapat menjadi inspirasi segenap komponen lainnya untuk bersama-sama dalam menjaga keutuhan NKRI dan mensejahterakan masyarakat,” pungkasnya. (Dispen Kormar / A1)

Kirim Komentar: