Bicara Indonesia
Indonesia Positive Journalism

TNI AL Siapkan KRI Dr Soeharso-990 Sebagai Depo Isi Ulang Oksigen 24 Jam Non Stop

Bicaraindonesia.idTNI Angkatan Laut menyiapkan Kapal Bantu Rumah Sakit KRI dr. Soeharso-990 yang berada di bawah operasi Satuan Kapal Bantu Koarmada II, sebagai depo isi ulang oksigen bagi penderita Covid-19 yang membutuhkan.

Hal ini dipastikan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, saat didampingi Panglima Koarmada II Laksamana Muda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, meninjau proses pengisian tabung di Kapal Bantu Rumah Sakit KRI dr. Soeharso-990, Kamis (22/7/2021).

Dalam kesemapatan ini, sekaligus pula dilakukan penyerahan secara simbolis tabung oksigen kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, sebagai tanda bahwa Koarmada II secara resmi memulai pelayanan pengisian ulang oksigen gratis. Hal ini dilakukan untuk membantu masyarakat yang sedang isoman dan rumah sakit yang membutuhkan.

“Seperti yang disampaikan oleh Komandan KRI tadi, bahwa generator oksigen yang dimiliki KRI dr. Soeharso ini bisa memproduksi oksigen untuk tabung oksigen ukuran 6000 liter sebanyak 25 tabung per 24 jam. Kemudian yang ukuran 1500 liter itu bisa 65 tabung per 24 jam, “ kata Laksamana Yudo dalam siaran pers tertulis yang diterima Bicaraindonesia.id, Kamis (21/7/2021).

Orang nomor satu di tubuh TNI AL ini menjelaskan, jika ke depannya TNI AL dalam hal ini Koarmada II, akan membuka counter di Jalajaya sebagai tempat penyediaan tabung oksigen yang telah terisi dari KRI dr. Soeharso. Tabung yang telah terisi ini dapat ditukar dengan tabung oksigen kosong milik masyarakat yang membutuhkan.

“Kita akan buka (counter) selama 24 jam non stop sehingga memudahkan masyarakat sewaktu-waktu membutuhkan segera suplai oksigen secara gratis. Adanya counter juga mengurangi kesulitan masyarakat untuk mencapai akses jika langsung menuju KRI dr.Soeharso. Diharapkan hal ini bisa membantu kelangkaan oksigen yang terjadi di masyarakat saat ini,” terang Kasal.

Penyerahan secara simbolis tabung oksigen kepada Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa | dok/photo: Dispen Koarmada II

Kasal mengungkapkan, bahwa tidak tertutup kemungkinan TNI AL akan mengirim kapal-kapal perang lainnya melalui unsur gelar. Ini untuk membantu suplai oksigen bagi masyarakat maritim yang berada di pulau-pulau. Namun untuk saat ini, TNI AL fokus pada masyarakat di Jawa Timur yang lebih banyak membutuhkan bantuan oksigen.

Sementara itu, ketika ditanya mengenai sinergitas TNI AL dengan Pemprov, Laksamana Yudo menegaskan, akan mengerahkan semua sarana dan prasarana yang ada di TNI AL untuk membantu pemerintah pusat dan daerah dalam upaya menyelesaikan pandemi Covid-19.

”Dukungan yang sudah diwujudkan selama ini yakni serbuan vaksinasi bagi masyarakat maritim, kemudian depo isi ulang oksigen. Akan kita kerahkan sarana dan prasarana yang ada di TNI AL untuk membantu pemerintah pusat dan pemerintah daerah,“ tegas Laksamana Yudo.

Pada kesempatan tersebut, Kasal juga menyerahkan secara simbolis bantuan oksigen kepada Kepala RSPAL dr. Ramelan Laksma TNI Radito serta Gubernur Khofifah yang kemudian menyerahkannya kepada tiga orang perwakilan dari rumah sakit di wilayah Surabaya. Yakni, RSU Haji Surabaya, RS Jiwa Menur, dan RS Husada Utama. (A1)

Kirim Komentar: