Bicara Indonesia
Indonesia Positive Journalism

Komandan STTAL Uji Empat Prajurit Teknokrat yang Masuk Finalis LKCT/LKTI


Bicaraindonesia.idKomandan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Laksamana Pertama TNI, Avando Bastari, memimpin secara langsung uji materi empat naskah karya ilmiah para dosen dan mahasiswa STTAL yang masuk dalam kategori finalis Lomba Karya Cipta Teknologi (LKCT) dan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), Rabu (09/09/2020).





Kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka HUT ke-75 TNI AL tersebut, bertempat di Kampus STTAL Bumimoro, Krembangan, Surabaya, Jawa Timur.





Komandan STTAL, Laksamana Pertama TNI, Avando Bastari menyampaikan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk mengapresiasi dan meningkatkan motivasi dosen dan mahasiswa agar lebih giat lagi dalam berkarya.





“Di samping itu juga untuk menghidupkan suasana akademis yang sangat diperlukan untuk memacu dan memicu inovasi agar STTAL menjadi pusat riset perguruan tinggi unggulan yang dapat dibanggakan di bidang Keangkatanlautan dan Kemaritiman,” kata dia dalam siaran pers tertulis yang diterima media ini.





Para dosen dan mahasiswa STTAL yang masuk dalam kategori finalis LKCT dan LKTI tersebut, yakni Kolonel Laut (KH) I Made Jiwa Astika, dengan judul “Rancang Bangun Cone Explosive Sebagai Senjata Tempur Dasar Laut dengan Sistim Firing Device berbasis Microcontroller Arduino dan Lora”. Kedua adalah Letkol Laut (T) Ayip Rivai Prabowo, dengan judul “Rancang Bangun Prototype Unmanned Grenade Tamer dengan Kendali Wireless”.





Kemudian ketiga, yakni Letkol Laut (T) Dr. Okol Sri Suharyo, dengan judul “Analisis dan Pemodelan Networking of Indonesia Naval Base Berbasis System Dynamic dan Solver Model”. Sedangkan keempat, adalah Mayor Laut (T) Yudha Sukma Perdana, dengan judul “Inovasi Pemanfaatan Panas dan Gas Buang Mesin Sebagai Sumber Energi Listrik Alternatif di KRI”.





Komandan STTAL, Laksamana Pertama TNI, Avando Bastari juga menjelaskan, bahwa penelitian para dosen dan mahasiswa tersebut sangat aplikatif jika diterapkan untuk meningkatkan kemampuan dukungan alutsista yang modern.





“Di samping itu juga bisa diaplikasikan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat pada umumnya,” terangnya.










Source: Bag Pen STTAL
Editorial: A1


Kirim Komentar: