Bicaraindonesia.id, Surabaya – Himpunan Humas Hotel (H3) Surabaya, secara resmi memperkenalkan organisasi profesi di bidang Humas Hotel melalui kegiatan acara bertajuk “1st Gathering Sharing Session Facing The Era of Public Relation Disruption”.
Acara yang digelar di The Avenue Java Paragon Hotel & Residence Surabaya tersebut, diikuti sekitar 40 humas dari hotel bintang dua hingga lima pada Sabtu, 28 Oktober 2023. Kegiatan ini juga menghadirkan sejumlah narasumber dengan beberapa sesi.
Salah satu sesi dalam acara tersebut adalah “Career Getaway as Public Relations Old & New Era”. Sesi ini menghadirkan Santi Manurung dan Etty Soraya sebagai pembicara.
Keduanya pembicara ini adalah profesional humas di Surabaya yang sampai saat ini masih menjalankan peran public relations untuk pekerjaannya masing-masing.
“Seorang public relations yang baik, tidak cukup hanya berpenampilan cantik atau ganteng saja, tetapi wajib memiliki attitude yang baik karena mereka adalah representative dari tempat mereka bekerja,” kata General Manager Fave Hotel Rungkut Surabaya, Santi Manurung.
Sedangkan sesi kedua mengusung tema “PR From The Media’s Frame & Develop Relationship Between PR & Media”.
Dalam sesi ini, hadir sebagai narasumber adalah General Manger Leedon Hotel & Suites Surabaya, Tatok Hariyanto dengan didampingi Aprilleo Abie dari Suara Surabaya Media.
“Seorang public relation itu harus luwes dan mampu menjalin hubungan yang baik kepada semua teman-teman media,” ujar Tatok Hariyanto.
Director of Sales Java Paragon Hotel & Residence Surabaya, Maria Ulfah mengaku senang bisa menjadi tuan rumah gathering perdana H3 Surabaya.
Ia berharap, H3 Surabaya bisa membawa seluruh humas hotel menjadi professional public relations dan bisa saling bertukar ide untuk memajukan industri pariwisata di Kota Surabaya.
Sementara itu, Ketua H3 Surabaya, Kusandi menyatakan, bahwa H3 merupakan organisasi humas hotel yang sudah dikukuhkan pada 25 September 2023 lalu. Pengukuhan ini berlangsung dalam acara H3 Summit di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.
“Salah satu tujuan dibentuknya H3 Surabaya adalah untuk mempererat komunikasi diantara sesama praktisi Humas dengan asas saling asah, asih, dan asuh,” kata Kusandi.
Selain itu, H3 Surabaya juga menjadi rumah yang menyenangkan bagi seluruh Humas Hotel di Kota Pahlawan untuk bisa saling bertukar pengalaman dan informasi.
Khususnya dalam memajukan dunia pariwisata Surabaya hingga berbagai program untuk pengembangan kompetensi diri pada dunia public relation dan marketing communication yang terus berkembang. ***
Pewarta: T1
Editorial: A1