Bicara Indonesia
Indonesia Positive Journalism

Di Tengah Laut, KRI Sultan Iskandar Muda-367 dan Kapal Perang Yunani Saling Tukar Cendera Mata

Bicaraindonesia.idKRI Sultan Iskandar Muda-367 (KRI SIM-367) dari Satuan Kapal Eskorta Koarmada II, yang tergabung dalam Satgas Maritime Task Force (MTF) TNI KONGA XXVIII-M/UNIFIL, melaksanakan latihan Mailbag Transfer Exercise bersama Kapal Perang Negara Yunani HS Kountouriotis (KOU) di Laut Mediterania Lebanon, Selasa (28/12/2021).

“Mailbag Transfer Exercise merupakan salah satu latihan rutin bersama yang bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme prajurit dalam melaksanakan pembekalan di laut disela-sela melaksanaan tugas pokok MTF,” kata Komandan KRI SIM-367 sekaligus Komandan Satgas MTF TNI KONGA XXVIII-M/UNIFIL, Letkol Laut (P) Abdul Haris di sela latihan.

Dansatgas mengatakan, jika tujuan dari pembekalan di laut adalah untuk menambah bekal logistik kepada kapal yang beroperasi agar dapat memperpanjang kehadirannya di laut. Selain itu, latihan ini juga merupakan kesempatan untuk meningkatkan hubungan diplomatis dengan Angkatan laut yang tergabung dalam MTF.

Pelaksanaan Mailbag Transfer kali ini dilaksanakan secara dua arah, dimana KRI SIM-367 dan HS KOU secara bergantian melaksanakan pengiriman barang. Adapun barang yang dikirimkan di antaranya cendera mata sebagai tanda atau simbol tali persahabatan antara Indonesia dan Yunani.

Selain itu, Dansatgas juga menyampaikan, jika latihan bersama ini sejalan dengan penekanan Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, yakni untuk tetap menjalin hubungan yang baik dengan Angkatan Laut negara lain sebagai wujud implementasi tugas diplomasi Militer.

Latihan bersama ini juga termasuk penekanan tugas dari Komandan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI Marsda TNI Benedictus Benny K untuk tetap menjaga profesionalisme prajurit selama penugasan.

“KRI SIM-367 akan tetap bersemangat dalam setiap pelaksanaan tugas dan latihan untuk mengharumkan nama bangsa dan negara. Selama pelaksanaan latihan seluruh prajurit selalu menjaga kesehatan dan Zero Accident serta selalu disiplin dalam menjaga prokes terkait penanggulangan Covid-19,” tutup Haris. (Pen2 /A1)

Baca Berita Lainnya:
Kirim Komentar: