Bicara Indonesia
Indonesia Positive Journalism

Wartawan Pemkot Surabaya Deklarasikan POTAS, Ucapan Datang dari Berbagai Kalangan

Bicaraindonesia.idBaru ini, Kelompok Kerja (Pokja) Wartawan di Kota Surabaya, Jawa Timur, sepakat mendeklarasikan diri sebagai komunitas atau organisasi. Kelompok jurnalis yang biasa meliput di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya ini, menamakan dirinya POTAS (Pokja Wartawan Taman Surya).

Dalam Musyawarah Kerja (Musker) yang berlangsung pada Senin, 20 Desember 2021 lalu, POTAS telah merumuskan sebuah badan organisasi yang utuh dengan berlandaskan AD-ART (Anggaran Dasar – Anggaran Rumah Tangga).

Tidak hanya itu, pada sidang Musker yang dihadiri 2/3 anggota ini, juga memutuskan Robby Julianto dari media d-OneNews.com terpilih secara aklamasi sebagai Ketua POTAS periode 2021 – 2024.

Pengukuhan Robby Julianto sebagai Ketua POTAS dilakukan langsung oleh Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi. Pengukuhan ini ditandai dengan penyerahan Pataka kepada ketua terpilih dan disaksikan segenap anggota peserta Musker.

Dalam sambutannya, Wali Kota Eri Cahyadi mengatakan, bahwa Pokja Wartawan Pemkot Surabaya sebagai garda terdepan yang dapat mengubah pemerintah kota menjadi lebih baik lagi. Bagi dia, wartawan adalah partner yang selalu memberikan kemajuan bagi Pemkot Surabaya dan bukan untuk ditakuti atau dihindari. 

“Kritik oleh wartawan terhadap kinerja pemerintah kota, itu tandanya wartawan sayang pada Pemerintah Kota,” kata Eri Cahyadi.

Bahkan, dalam sambutannya itu, Eri Cahyadi juga meminta kepada POTAS untuk mengawal pembangunan Kota Surabaya. Menurutnya, tahun 2022 adalah kebangkitan Kota Surabaya dengan perubahan total pembangunan di beberapa sektor. Dia berharap, silaturahmi antar partner pembangunan Kota Surabaya ini terus dijaga dan dipelihara dengan budaya gotong royong, empati, dan ikhlas.

“Saya berharap kontribusi POTAS terhadap perkembangan pembangunan Kota Surabaya itu terus bisa menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Pemerintah Kota Surabaya. Untuk memberikan berita yang up to date, memberikan berita yang berimbang, memberikan berita-berita yang membangun Kota Surabaya, dan untuk kepentingan umat Kota Surabaya. Selalu membangun Kota Surabaya dengan cara-cara yang Akhlakul Karimah,” pesannya.

Screenshot video ucapan selamat atas musyawarah kerja dan pengukuhan pengurus POTAS periode 2021-2024 | dok/photo: Bicaraindonesia.id

Dalam rangkaian perhelatan Musker Wartawan Pokja Pemkot Surabaya, juga sempat digelar tasyakuran di Kantor Bagian Humas Pemkot Surabaya. Syukuran ini juga dihadiri Kabag Humas Pemkot Surabaya, Febriadhitya Prajatara, beserta para staf, dan segenap wartawan yang telah tergabung dalam POTAS.

Musker dan pengukuhan pengurus POTAS rupanya mendapat perhatian dari berbagai kalangan. Mereka pun lantas menyampaikan ucapan selamat atas terselenggaranya Musker dan pengukuhan pengurus POTAS periode 2021- 2024.

Salah satunya adalah Kepala Pusat Data Statistik Kriminal dan Teknologi Informasi (Daskrimti), Kejaksaan Agung (Kejagung) Didik Farkhan Alisyahdi. Mantan Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim itu, menyampaikan langsung ucapan selamat kepada POTAS melalui sebuah video.

“Dengan musyawarah kerja, semoga wartawan yang tergabung dalam POTAS menjadi lebih profesional dan lebih berimbang dalam memberikan informasi kepada masyarakat,” kata Didik Farkhan.

Menurutnya, wartawan memiliki peran dan andil besar dalam sebuah pembangunan kota. Terutama, dalam hal memberikan informasi yang berimbang dan akurat kepada masyarakat. “POTAS hebat. Selamat,” imbuhnya.

Ucapan yang sama juga disampaikan Komandan Polisi Militer Lantamal V, Kolonel Laut (PM) Nurul Fatta Lubis. Melalui sebuah video, dia menyampaikan selamat dan sukses atas terselenggaranya Musker POTAS.

“Semoga dari hasil musyawarah kerja ini dapat bermanfaat. Wartawan Pokja Pemkot Surabaya lebih profesional, berimbang dalam memberikan informasi kepada masyarakat, serta ikut andil dalam pembangunan Kota Surabaya. POTAS Hebat,” pungkasnya. (A1)

Baca Berita Lainnya:
Kirim Komentar: