Bicara Indonesia
Indonesia Positive Journalism

Resmi Dilantik jadi Panglima TNI, Jenderal Andika Akan Lanjutkan Program Hadi Tjahjanto

Bicaraindonesia.idPresiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Jenderal TNI Andika Perkasa menjadi Panglima TNI. Pelantikan ini berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/11/2021).

Setelah resmi dilantik, Panglima TNI Andika Perkasa menyatakan akan melanjutkan program pendahulunya Marsekal Hadi Tjahjanto.

“Program kerja kita akan melanjutkan secara umum, karena memang kita kan sudah dibatasi ruang. Ruang di mana tugas-tugas kita itu sudah juga dicantumkan dalam Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004,” kata Panglima TNI Andika Perkasa dalam keterangan persnya sebagaimana dikutip dalam laman resmi setkab, Rabu (17/11/2021).

Jenderal Andika menegaskan, akan melaksanakan tugas sebagai Panglima TNI dengan sebaik-baiknya serta melakukan evaluasi dan perbaikan.

“Jadi saya akan terus (melanjutkan), tetapi memang detailnya saja dari tiap-tiap tugas itu yang mungkin sedikit perlu evaluasi dan perbaikan sana-sini,” ujarnya.

Menutup keterangan persnya, Jenderal Andika juga menyampaikan, bahwa ia merasa terhormat mendapatkan kepercayaan dari Presiden Jokowi dan dukungan DPR RI untuk menjabat sebagai Panglima TNI.

“(Kepada) seluruh prajurit TNI di seluruh Indonesia, saya ingin kita menjadi bagian dari kita sendiri, dari kita semua, di tengah keluarga, teman, maupun sanak saudara kita semua. Karena kita adalah bagian dari mereka,” tandasnya.

Sementara itu, Jenderal Dudung Abdurachman yang juga baru dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), menyampaikan, bahwa Presiden Joko Widodo berpesan agar TNI AD membantu program pemerintah. “Kami TNI Angkatan Darat siap membantu pemerintah demi kesejahteraan masyarakat dan seluruh rakyat Indonesia,” kata Dudung.

Selain itu, ia menyatakan, bahwa Presiden Jokowi juga menekankan mengenai peningkatan kesejahteraan prajurit TNI. “Karena prajurit yang lebih utama,” imbuh KSAD.

Lebih lanjut, KSAD menegaskan akan mengimplementasikan visi dan misi dari Panglima TNI. “Saya tentunya akan mengimplementasikan visi dan misi Panglima TNI yang sudah disampaikan pada saat fit and proper test di DPR RI,” ujar Dudung. 

Di sisi lain, KSAD juga berkomitmen untuk melanjutkan program yang sudah dirintis oleh pendahulunya. “Saya mengapresiasi apa yang sudah dicapai oleh Jenderal TNI Andika Perkasa pada saat (menjabat) Kepala Staf TNI Angkatan Darat. Kami akan melanjutkan apa yang sudah dirintis,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Dudung juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan Presiden Joko Widodo kepada dirinya.

“Saya mengucapkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT atas dilantiknya saya sebagai Kepala Staf Angkatan Darat. Khususnya berterima kasih kepada Presiden Republik Indonesia yang telah memberikan kepercayaan kepada saya untuk memimpin Angkatan Darat,” ujarnya.

Mengakhiri keterangan persnya, KSAD menegaskan akan meminta jajarannya untuk memedomani Delapan Wajib TNI.

“Khususnya yang kedelapan, menjadi contoh dan memelopori segala usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya. TNI Angkatan Darat harus hadir di manapun adanya kesulitan yang diderita oleh masyarakat,” tandasnya. (Setkab /B1)

Kirim Komentar: