Bicara Indonesia
Indonesia Positive Journalism

Pemantapan Pengetahuan Dasar Hidros bagi Pasukan Khusus TNI AL TA 2021 Dibuka

Bicaraindonesia.idPasukan Khusus TNI Angkatan Laut (AL) mengikuti acara pembukaan Pemantapan Pengetahuan Dasar Hidros TA 2021. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang serba guna Batalyon Intai Amfibi (Yontaifib) 2 Marinir Bhumi Marinir Karangpilang, Surabaya, Jawa Timur, Senin (20/09/2021).

Kegiatan ini diikuti oleh 24 personel gabungan dari prajurit Yontaifib 2 dan 3 Korps Marinir, serta Satkopaska Koarmada II dan III. Untuk pelaksanaannya, berlangsung di dua lokasi selama 6 hari mulai tanggal 20 – 25 September 2021.

Sedangkan untuk materi kegiatan, meliputi teori kelas yang dilaksanakan di Yontaifib 2 Marinir dan praktik lapangan yang berlangsung di Pantai Banongan Situbondo. Kegiatan tersebut, bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang survei dan pemetaan Hidrografi dan Oseanografi (Surta Hidros) guna mendukung pasukan khusus TNI AL dalam melaksanakan tugas pokoknya.

Danpushidrosal Laksamana Madya TNI Dr. Agung Prasetiawan, M.A.P. dalam amanatnya yang dibacakan oleh Irpushidrosal Laksamana Pertama TNI Nanang Eko Ismurdianto, S.Sos., M.M., C.Fr.A., menyampaikan, bahwa salah satu tugas pokok TNI AL adalah melaksanakan tugas TNI matra laut di bidang pertahanan.

“Untuk dapat melaksanakan tugas pokoknya dengan baik, TNI Angkatan Laut perlu didukung prajurit yang profesional, agar segala tugas dan tanggung jawab yang dibebankan dapat dilaksanakan dengan baik,” terangnya dalam keterangan resminya.

Sebagai Kotama pembinaan TNI Angkatan Laut, lanjut dia, Pushidrosal mempunyai tugas untuk melaksanakan pembinaan Hidro-Oseanografi (Hidros) dalam rangka mendukung kepentingan TNI dan umum.

“Kegiatan pemantapan pengetahuan hidros bagi pasukan khusus di wilayah timur ini diharapkan dapat meningkatkan profesionalitas prajurit TNI Angkatan Laut, khususnya yang berdinas dan bertugas di pasukan khusus TNI Angkatan Laut,” tuturnya.

Disampaikan pula, data dan informasi hidros yang dihasilkan melalui survei hidros, diperlukan bagi pasukan khusus TNI AL dalam rangka pemenuhan dukungan terhadap operasi tempur berupa produk peta-peta militer.

“Guna memperoleh informasi hidros yang tepat, maka pasukan khusus TNI Angkatan Laut perlu dibekali pengetahuan dan keterampilan dalam pengumpulan data hidros yang bertujuan untuk mendapatkan informasi intelijen maritim dalam kegiatan pengumpulan data berupa cuaca, medan dan musuh,” imbuhnya.

Mengakhiri amanatnya, Danpushidrosal berpesan agar selalu memperhatikan dan melaksanakan segala instruksi yang diberikan oleh para instruktur dan memahami secara benar segala prosedur yang diajarkan sehingga dapat mempraktekan secara benar dalam penugasan.

“Selalu memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan personel maupun meterial serta zero accident dalam setiap kegiatannya,” pesannya.

Turut hadir pada acara pembukaan tersebut, Pabantik Sops Koarmada II Letkol Laut (P) Edi Kuswanto, M.Tr. Hanla, Pabandya Doktrin Ban IV Sopsal Mayor Laut (P) M. Adri Munandar Kambara, S.T., Danyontaifib 2 Mar Letkol Marinir Supriyono, serta para panitia dan instruktur. (Dispen Kormar /A1)

Kirim Komentar: