Bicara Indonesia
Indonesia Positive Journalism

Yonif 5 Marinir bersama Masyarakat Gelar Upacara Peringatan HUT Ke-76 RI di Pesisir Surabaya

Bicaraindonesia.idUpacara Peringatan HUT ke-76 Republik Indonesia juga dilaksanakan di pantai Kedung Cowek Jembatan Suramadu, Kecamatan Kenjeran, Kota Surabaya, Jawa Timur, Selasa (17/08/2021).

Pelaksanaan upacara diikuti Batalyon Infanteri 5 Marinir (Yonif 5 Marinir) bersama masyarakat pesisir Kota Surabaya.

Upacara yang dikuti 76 prajurit Yonif 5 Marinir tersebut, juga melibatkan 76 perahu nelayan yang atasnya dinaiki oleh 76 pelajar gabungan SD, SMP dan SMA di wilayah Kecamatan Kenjeran, Surabaya.

Selain itu pula, upacara juga diikuti 76 personel gabungan dari jajaran Satpol PP, Linmas dan pegawai Kecamatan Kenjeran. Serta, 76 masyarakat pesisir Kecamatan Kenjeran Surabaya dan 76 tenaga kesehatan di wilayah Kecamatan Kenjeran Surabaya. Selama rangkaian pelaksanaan upacara berlangsung, seluruh peserta menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Sementara itu, bertindak sebagai Inspektur upacara Komandan Batalyon Infanteri 5 Marinir (Danyonif 5 Marinir) Letkol Marinir Widarta Kusuma. Lalu, untuk petugas pengibar bendera merupakan pasukan gabungan. Yakni, sebagai pengerek bendera prajurit Yonif 5 Marinir dan anggota Satpol PP Kecamatan Kenjeran, Surabaya.

Sedangkan sebagai pembawa bendera adalah tenaga kesehatan dari Puskesmas Kedung Cowek Kecamatan Kenjeran, Surabaya.

Upacara peringatan HUT ke-76 RI di pesisir pantai Surabaya | dok/photo: Dispen Kormar /Bicara Indonesia
Upacara peringatan HUT ke-76 RI di pesisir pantai Surabaya | dok/photo: Dispen Kormar /Bicara Indonesia

Danyonif 5 Marinir Letkol Marinir Widarta Kusuma mengatakan, peringatan HUT ke-76 RI di tengah masa pandemi Covid-19 kali ini berbeda dibanding yang pernah dilaksanakan di tahun-tahun sebelumnya.

“Momen ini memang spesial, karena dilaksanakan di pesisir pantai dan melibatkan berbagai elemen masyarakat khususnya masyarakat pesisir. Semua peserta membawa bendera merah putih termasuk nelayan mengibarkan bendera merah putih di perahu mereka,” terang Letkol Marinir Widarta Kusuma dalam keterangan tertulis yang diterima Bicaraindonesia.id, Selasa (17/8/2021).

Danyonif 5 Marinir juga menjelaskan, bahwa Peringatan HUT ke-76 RI ini bertujuan untuk membina potensi masyarakat maritim, khususnya masyarakat pesisir Kota Surabaya.

“Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas partisipasi seluruh masyarakat Kota Surabaya yang dengan penuh khidmat dan semangat kebangsaan dalam melaksanakan upacara peringatan HUT ke-76 RI,” tuturnya.

(Dispen Kormar / A1)

Kirim Komentar: