Bicara Indonesia
Indonesia Positive Journalism

Satgasmar Ambalat XXVII Resmi Mengemban Tugas di Pulau Sebatik

Bicaraindonesia.idKomandan Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada II Laksamana Pertama (Laksma) TNI Hersan, memimpin acara serah terima Satgas Marinir Ambalat, Kamis (12/08/2021).

Serah terima ini, berlangsung di Posko Taktis, Desa Tanjung Aru, Kecamatan Sebatik Timur, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara).

Satgasmar Ambalat XXVI dengan Komandan Satgas Lettu Mar Irfan telah selesai melaksanakan tugas di pulau Sebatik yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Selanjutnya, tugas tersebut digantikan oleh Satgasmar Ambalat XXVII dengan Komandan Satgas Kapten Marinir Cilvo Dwi Setiawan.

Dalam amanatnya, Danguspurla Koarmada II, Laksma TNI Hersan mengatakan, dalam rangka menjalankan amanat Undang-Undang RI No.34 Tahun 2004 tentang TNI, khususnya pada tugas pokok TNI yang dilakukan dengan operasi militer untuk perang (OMP), maka dalam pelaksanaan tugas Kogasgab Pamtas Ambalat Korps Marinir menggelar Satgas Marinir.

Sebagai prajurit TNI, penugasan dalam rangka menjaga kedaulatan negara merupakan suatu kebanggaan dan kehormatan yang harus dilaksanakan dengan ikhlas dan penuh keseriusan.

“Korps Marinir dikenal selalu dekat dengan rakyat sehingga citra tersebut harus dijaga dengan senantiasa memelihara disiplin individu maupun Satuan, agar terhindar dari tindakan yang merugikan dan menyakiti hati rakyat, bahwa keberhasilan suatu penugasan akan tercapai bila kita dicintai oleh rakyat,” kata Laksma TNI Hersan dalam keterangan tertulis yang diterima Bicaraindonesia.id, Kamis (12/8/2021).

Dalam kesempatan itu, Danguspurla Koarmada II juga menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada prajurit Satgas Marinir Ambalat XXVI atas dedikasi dan loyalitas serta disiplin prajurit Marinir selama melaksanakan tugas pengamanan perbatasan.

Sementara itu, Komandan Satgasmar Ambalat XXVII Kapten Marinir Cilvo Dwi Setiawan menyampaikan, bahwa di daerah penugasan, Satgasmar Ambalat XXVII menempati beberapa pos. Di antaranya, Pos Sei Pancang, Sei Taiwan, Balansiku, Sei Bajo, Tembaring dan Bambangan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Asops Guspurla Koarmada II Kolonel Laut (P) Widiyatmoko Baruno Aji, Komandan KRI Teluk Youtefa-522 Letkol Laut (P) I Nyoman Armenthia, Komandan KRI Singa Letkol Laut (P) Andi Kristiyanto, para Camat Sebatik, serta Tokoh Agama dan Masyarakat Sebatik.

Sebagai informasi, Satgasmar Ambalat XXVII berada di bawah kendali Danguspurla Koarmada II selaku Komandan Satgasla, yang berada di bawah Pangkoarmada II selaku Panglima Komando Tugas Gabungan Ambalat. (A1)

Kirim Komentar: