Bicara Indonesia
Indonesia Positive Journalism

Mudahkan Masyarakat Isi Ulang Oksigen, Koarmada II Resmi Buka Posko Jalajaya

Bicaraindonesia.id Komando Armada II mulai membuka posko bantuan oksigen darurat untuk penanganan Covid-19, Selasa (27/7/2021). Lokasinya berada di daerah Basis Angkatan Laut, tepatnya di Jalajaya. Posko ini melayani pengisian ulang tabung oksigen secara gratis bagi masyarakat Surabaya dan sekitarnya.

Dibawah komando Kolonel Laut (P) Agus Haryanto, selaku Dansatgas Posko Bantuan Oksigen Darurat, masyarakat dimudahkan dalam mendapatkan isi ulang tabung oksigen.

Tanpa persyaratan khusus, mereka cukup mengisi blanko pendaftaran yang telah disiapkan oleh panitia. Lalu, menyerahkan tabung kosong yang dibawa untuk selanjutnya menunggu sejenak petugas yang mengisikan ulang oksigen ke dalam tabung.

Untuk keperluan pengisian ulang ini, satgas yang diawaki prajurit gabungan dari Koarmada II telah menyiapkan Air Bank Oxygen berkapasitas 50 liter. Kemudian dengan menggunakan Booster Pump, oksigen diisikan ke tabung kosong yang dibawa masyarakat dengan ukuran rata-rata 6 liter.

Masyarakat akan dilayani oleh petugas Posko selama 24 jam. Sehingga diharapkan dapat membantu masyarakat yang sedang isoman untuk mendapatkan oksigen gratis dalam waktu cepat.

Sementara itu, Panglima Koarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto, saat meninjau langsung ke lokasi, optimis jika keberadaan posko bantuan oksigen darurat tersebut akan mendapat respons tinggi dari masyarakat Surabaya dan sekitarnya.

“Kasus Covid-19 yang belum turun menyebabkan kebutuhan pasokan oksigen juga tinggi bagi masyarakat yang positif Covid-19 dan menjalani isoman. Begitu juga dengan rumah sakit. Semoga posko yang kita dirikan ini dapat membantu mereka yang membutuhkan sekaligus mampu mengendalikan lonjakan Covid-19 di wilayah Surabaya secara khusus dan Jatim pada umumnya,” jelas Laksda Iwan.

Ia juga kembali menegaskan, bahwa apa yang dilakukan Koarmada II adalah perintah langsung Kasal Laksamana TNI Yudo Margono. Ini dilakukan untuk membantu pemerintah pusat maupun daerah dalam mempercepat upaya penanganan lonjakan Covid-19.

Salah satunya yakni, dengan mengerahkan sarana dan prasarana yang dimiliki TNI AL seperti generator oksigen yang ada di kapal perang KRI Semarang serta air bank oxygen Dislambair Koarmada II. (Pen2/A1)

Kirim Komentar: