Bicara Indonesia
Indonesia Positive Journalism

TNI AL Sulap Wisma Dolos Jadi Sarana Perawatan Pasien Covid-19

Bicaraindonesia.idMeningkatnya jumlah pasien Covid-19 menyebabkan sejumlah rumah sakit di Jakarta dalam kondisi penuh. Karena itu, TNI AL kemudian berinisiatif untuk menyiapkan Wisma Dolos Korps Marinir (Kormar) sebagai sarana perawatan pasien Covid-19.

Dengan kapasitas 400 tempat tidur saat ini, ke depan Wisma Dolos yang berada di Mess Dolos Ksatrian Pangkalan Marinir (Lanmar) Jakarta direncanakan mampu menampung 1.000 pasien.

Demikian salah satu penekanan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, saat meninjau sarana perawatan Covid-19 di Mess Dolos, Jalan Kwini, Jakarta Pusat, Kamis (8/7/2021).

“Bila kita manfaatkan Wisma Dolos semuanya dengan tempat tidurnya bisa menampung 1.000 orang dan saya akan berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk menambah tempat tidur yang sekarang ini berjumlah 400 unit. Sehingga ke depan apabila terus memuncak dan rumah sakit penuh, tempat ini bisa digunakan sebagai alternatif untuk perawatan pasien Covid-19 bergejala ringan dan sedang,” kata Laksamana Yudo Margono dalam keterangan tertulisnya.

Kasal menambahkan, Wisma Dolos ini bisa juga bisa dimanfaatkan untuk masyarakat umum maupun militer yang tidak tertampung di Rumah Sakit. Namun sebelum memanfaatkan sarana ini, harus melalui proses screening di RSAL dr. Mintohardjo, sehingga mendapatkan rujukan ke Wisma Dolos.

Wisma Dolos dengan luas bangunan 2.156 meter persegi ini merupakan Gedung perawatan isolasi mandiri yang terdiri dari dua lantai dan telah beroperasi sejak 3 minggu lalu.

Tempat ini menyediakan 400 tempat tidur dilengkapi dengan berbagai sarana pendukung. Seperti kamar mandi, WC, ruang tenaga kesehatan, tempat berjemur, Wifi, ruangan bertekanan negatif dan ambulance.

Kasal berharap ke depan Wisma Dolos akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas lainnya. Seperti tabung oksigen, meja pasien, dapur lapangan dengan dukungan tenaga kesehatan dari para siswa STIKES Hang Tuah. (A1)

Kirim Komentar: