Bicara Indonesia
Indonesia Positive Journalism

Koarmada II Panen Raya 25 Ribu Ikan Bandeng Hasil Ketahanan Pangan Mandiri

Bicaraindonesia.idKoarmada II melaksanakan panen raya 25 ribu Ikan Bandeng di Lahan Ketahanan Pangan di Jalan Semampir Baru, Surabaya, Jumat (25/6/2021). Panen ini dilakukan setelah sebelumnya selama tujuh bulan ikan tersebut dirawat dan dipelihara dengan menggunakan metode tradisional.

Panen raya ini dipimpin langsung Pangkoarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto, dengan didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jatim Mohammad Gunawan serta Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Surabaya, Yuniarto Herlambang.

Hadir pula, Komandan Lantamal V Laksma TNI Yoos Suryono Hadi, Irkoarmada II, Kapok Sahli Koarmada II, Danguspurla Koarmada II, Danpuskopaska, serta para Pejabat Utama dan Kasatker di jajaran Koarmada II. Panen raya di tambak air tawar ini dilakukan menggunakan jaring ikan.

Dalam sambutannya, Pangkoarmada II menyampaikan, bahwa keberadaan lahan ketahanan pangan di lingkungan Koarmada II tidak lepas dari dampak meningkatnya kasus Covid-19 terhadap perekonomian nasional.

Namun, program ketahanan pangan yang diinstruksikan Pemimpin TNI terhadap semua angkatan ini tidak hanya untuk mengatasi dampak Covid-19, tapi juga untuk kelangsungan masa depan para prajurit.

“Koarmada II melalui Satgas Ketahanan Pangan, melaksanakan program tersebut dengan memanfaatkan lahan yang tersedia melalui program Pekarangan Pangan Lestari, dengan didukung kegiatan bimtek, pelatihan dan praktek budidaya perikanan dan pertanian yang patut kita apresiasi karena berkaitan erat dengan ketahanan sosial dan stabilitas ekonomi serta ketahanan nasional sebagai syarat mutlak bagi pembangunan nasional,” kata Laksda Iwan dalam siaran pers yang diterima Bicaraindonesia.id, Jum’at (25/6/2021)

Sementara itu, Kepala DKP Jatim, Mohammad Gunawan mengungkapkan, bahwa Bandeng yang mempunyai nama Latin Chanos Chanos ini memiliki banyak manfaat bagi siapa pun yang mengkonsumsinya.

“Karena mengandung banyak nilai gizi yang bermanfaat dalam menjaga daya tahan tubuh, merawat tulang dan gigi, merawat fungsi ginjal dan mencegah jantung koroner, serta penting untuk kesehatan balita, anak-anak dan ibu hamil,” kata Mohammad Gunawan.

Dalam momen ini, Pangkoarmada II juga didaulat untuk menyerahkan sertifikat Bimbingan Teknis dan pelatihan Budidaya Perikanan kepada dua perwakilan peserta.

Kemudian, secara simbolis Kepala DKP Jatim menyerahkan 5 ribu bibit Ikan Nila kepada Pangkoarmada II yang kemudian diserahkan kepada Kadispotmar Kolonel Laut (P) M. Bayu Pranoto selaku Komandan Satgas Ketahanan Pangan Koarmada II untuk dibudidayakan.

(Dispen Koarmada II / A1)

Kirim Komentar: