Bicara Indonesia
Indonesia Positive Journalism

Kembangkan Potensi Kampung, Karang Taruna Surabaya Jaring Lewat Lomba Vlog

Bicaraindonesia.idMelihat potensi kampung yang ada di Kota Pahlawan, hal itu lantas membuat Karang Taruna Surabaya berinovasi. Mereka membuat perkembangan dengan mengeksplorasi setiap kampung di Surabaya dalam kemasan vlog yang dilombakan untuk mengangkat kearifan lokal.

Sebanyak 50 peserta umum dan karang taruna seluruh Surabaya mengikuti Vlog competition exporing our local culture, Lomba ngevlog potensi lokal.

Ketua Karang Taruna Surabaya, Fuad Bernardi mengatakan, jika kompetisi ini bertujuan untuk mengangkat kearifan lokal di seluruh Surabaya. Sebab, di setiap kampung atau wilayah memiliki keunikan masing-masing.

“Jadi lomba vlog ini nanti akan kami komunikasikan dengan Pemerintah Kota Surabaya sehingga pak wali kota bisa mempunyai kebijakan yang jelas untuk tiap wilayah. Karena mungkin kebijakannya ada yang belum kena atau belum tepat sasaran,” kata Fuad dalam keterangan tertulis yang diterima, Senin (21/6/2021).

Sementara itu, dari 50 peserta disaring menjadi 44 hasil karya yang akan bersaing di sosial media milik Karang Taruna Kota Surabaya. Dari 44 karya ini, akan bersaing menarik perhatian penonton maupun dewan juri untuk siapa yang akan berhasil mendapat hadiah jutaan rupiah.

Ketua Panitia, Dewinoor Mak Rempong menjelaskan, acara penilaian untuk lomba vlog ini cukup menarik perhatian para peserta. Karena dari seratus persen penjurian, 30 persen penilaian berdasarkan hasil viewe, comment dan like di Yotoube. Sedangkan untuk 70 persen adalah keputusan juri.

Dimana nanti hasil karya para peserta lomba vlog potensi kampung ini akan diupload di kanal Karang Taruna Surabaya atau KTSTV. Nah, dari sini akan dipilih hasil karya generasi muda untuk mengembangkan potensi kampung di Kota Surabaya.

“Yang ikut ini umum bahkan ada yang masih 17 tahun dan ternyata kamoung-kamoung di surabaya ini cukup banyak. Seperti salah satunya kampung abon tongkol baru tahu saya. Mudah-mudahan kegiatan ini bermanfaat untuk menonjolkan potensi kampung di Surabaya,” ungkap dia.

Pengumuman lomba blog yang telah dibuka awal Juni ini akan diumumkan pada 27 Juni 2021 melalui daring dan akan diambil 1 hingga 3 juara dengan total hadiah jutaan rupiah. (DAP /A1)

Kirim Komentar: