Bicara Indonesia
Indonesia Positive Journalism

Di Daerah Misi, Kontingen Garuda Gelar Pertunjukan Seni dan Budaya Indonesia

Bicaraindonesia.id Batalyon Mekanis Kontingen Garuda XXIII-O/UNIFIL, menggelar acara pertunjukkan bertajuk Seni dan Budaya Tradisional di Markas Indobatt UNP 7-1, Adshit Al Qusayr, Lebanon Selatan, Senin (31/5/2021).

Pertunjukkan ini dihadiri Duta Besar (Dubes) Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia (RI) untuk Lebanon, Hajriyanto Y.Thohari, dan Komandan Sector East Brig Gen Javier Miragaya.

Dalam sambutannya, Komandan Kontingen Garuda TNI sekaligus Komandan Satgas Indobatt XXIII-O/UNIFIL, Kolonel Inf Amril Haris Isya Siregar menyampaikan, saat ditetapkan sebagai Peacekeepers, bukan hanya memelihara perdamaian di daerah misi, tapi juga bertindak sebagai duta negara.

“Salah satunya dengan menunjukkan atau berbagi bagaimana mengenalkan budaya negara Indonesia kepada masyarakat lokal dan internasional,” kata Dansatgas dalam keterangan tertulisnya.

Pihaknya berharap, melalui kegiatan ini akan semakin meningkatkan hubungan baik antar negara-negara yang tergabung dalam UNIFIL.

“Saya berharap acara ini akan meningkatkan hubungan baik antara negara-negara yang tergabung dalam UNIFIL dan meningkatkan pengetahuan tentang budaya Indonesia, yang ditampilkan oleh personel Indonesia,” tutur Dansatgas.

Dansatgas mengungkapkan, bahwa pertunjukan seni budaya ini dilaksanakan sebagai wujud cerminan keberagaman adat dan budaya bangsa Indonesia.

“Acara Culture and Traditional ini juga digunakan untuk memperkenalkan budaya dan adat Indonesia kepada negara-negara yang tergabung dalam penugasan sebagai peacekeepers di Lebanon,” pungkasnya.

Adapun rangkaian kegiatan ini, di antaranya yakni, penampilan peragaan pakaian adat daerah, cinderamata dan makanan ringan khas Indonesia. Kemudian, penampilan kolaborasi kesenian Tari Gending Sriwijaya, Tari Tor-Tor, Tari Merak, Tari Perang, Jaranan, Martial Art, dan diakhiri dengan Tari Ge Mu Fa Mire. (Puspen TNI /B1)

Kirim Komentar: