Bicara Indonesia
Indonesia Positive Journalism

Prajurit Kodim Sula Bantu Evakuasi Korban Kapal Terbakar di Maluku Utara

Bicaraindonesia.idAksi gerak cepat personel Kodim 1510/Sula membantu Kepolisian, Basarnas dan BPBD Kabupaten Kepulaua Sula, dalam evakuasi terhadap korban Kapal Terbakar (KM Karya Indah) patut diapresiasi.

Pasalnya, berkat aksi gerak cepat dari petugas gabungan ini, 181 penumpang dan 20 ABK (Anak Buah Kapal) berhasil diselamatkan, Sabtu (29/05/2021).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, insiden kapal terbakar itu terjadi pada pukul 07.03 WIT, Sabtu (29/5/2021). Lokasinya berada pada 5 mil arah Timur Laut Pulau Lifamatola atau tak jauh dari Desa Waisum dan Waisakai, Kecamatan Mangoli Utara Timur, Kepulauan Sula, Maluku Utara.

Sebelumnya, KM Karya Indah bertolak dari Pelabuhan Ahmad Yani Ternate pada Jumat, (28/5/2021) menuju Pelabuhan Sanana, Maluku Utara.

“Proses evakuasi terhadap 20 Anak Buah Kapal (ABK) dan 181 penumpang kapal telah selesai dilakukan dan seluruhnya dalam kondisi selamat,” kata Dandim 1510/Sula, Letkol Inf Tri Yudianto dalam keterangan tertulisnya.

Dandim menuturkan, proses evakuasi dilakukan oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas pelabuhan (KSOP) bersama Basarnas dan BPBD Kep Sula serta dibantu oleh personel TNI-Polri. Dalam proses evakuasi tersebut, KSOP menurunkan kapal patroli dibantu dengan kapal-kapal di sekitar pelabuhan.

“Evakuasi dilakukan bersama dengan Basarnas, dengan menggunakan Kapal Fungkang, Body Viber, Speed Boat Milik Pemda Kab. Kep. Sula, KPLP, dan Basarnas dibantu sama kapal-kapal nelayan yang lain di sekitar Pelabuhan Sanana,” ujarnya.

Aksi gerak cepat anggotanya bersama personel Kepolisian, Basarnas dan unsur terkait tersebut, mendapat apresiasi dari Dandim 1510/Sula.

“Untuk itu saya selaku Dandim 1510/Sula memberikan apresiasi atas aksi tersebut, inilah yang selalu kita harapkan karena TNI ada untuk membantu rakyat khususnya di wilayah binaannya,” tutur Dandim.

Dalam kesempatan ini, Dandim juga mengimbau kepada masyarakat agar selalu berhati-hati ketika akan melakukan kegiatan perjalanan. Apalagi kondisi cuaca saat ini kurang menentu.

“Dengan kejadian seperti ini menjadi pelajaran bagi kita semua untuk selalu berhati-hati dalam melakukan kegiatan apapun, apalagi akhir-akhir ini cuaca tidak bersahabat,” pungkasnya. (Pendam16 /A1)

Kirim Komentar: