Bicara Indonesia
Indonesia Positive Journalism

Mewakili Indonesia, Menlu Retno Marsudi Kecam Kekerasan di Jalur Gaza

Bicaraindonesia.idSerangan udara terus dilancarkan oleh pihak militer Israel ke wilayah Jalur Gaza Palestina. Di tengah serangan udara Israel tersebut, kelompok militan Hamas Palestina membalas dengan roket-roket yang dimilikinya.

Dalam laporannya, Reuters menyebut, sejauh ini warga Palestina yang dilaporkan meninggal akibat serangan Israel di Jalur Gaza itu mencapai 132 orang, sejak Senin (10/5/2021). Korban ini termasuk 32 anak-anak serta 21 wanita, dan 950 lainnya terluka.

Hamas mengatakan seorang wanita dan seorang anak laki-laki termasuk di antara empat orang yang tewas dalam serangan udara Israel yang menghantam sebuah rumah di kamp pengungsi Pantai Kota Gaza.

Sementara pihak berwenang Israel menyatakan, di antara delapan tewas di Israel adalah seorang tentara yang berpatroli di perbatasan Gaza dan enam warga sipil, termasuk dua anak.

Menanggapi konflik Israel-Palestina yang paling besar sejak tahun 2014 tersebut, Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (RI), Retno Marsudi buka suara.

Retno Marsudi mengatakan, bahwa Indonesia mengecam meluasnya aksi kekerasan yang terjadi di Jalur Gaza oleh Israel. Pernyataan ini disampaikannya dalam sebuah unggahan di Twitter pada Jumat, (14/5/2021).

“Indonesia mengecam meluasnya ketegangan dan kekerasan khususnya di jalur Gaza yang menyebabkan lebih dari 100 korban jiwa warga sipil Palestina yang tidak berdosa,” tulis Retno Marsudi dikutip Bicaraindonesia.id dari akun resmi @Menlu_RI.

Mewakili bangsa Indonesia, Retno Marsudi menyatakan bakal memberikan dukungan kepada Palestina di semua lini yang ada.

“Indonesia terus berusaha semaksimal mungkin di semua lini, termasuk #CEIRPP #OKI #GNB dan desak #DKPBB untuk mengambil langkah nyata hentikan seluruh kekerasan dan hadirkan keadilan dan perlindungan bagi Palestina,” tulisnya.

Dalam unggahan tersebut, Retno Marsudi juga mengungkapkan, bakal menghadiri pertemuan virtual Tingkat Menlu Open-Ended Emergency Meeting OIC Executive Committee pada hari Minggu, 16 Mei 2021. Pertemuan ini akan membahas agresi Israel terhadap Palestina.

“Sudah terlalu lama hak-hak bangsa dan rakyat Palestina digerogoti oleh Israel. Indonesia akan terus bersama rakyat dan bangsa Palestina dalam memperjuangkan hak-haknya,” tulis Retno Marsudi menutup unggahan di akun twitter @Menlu_RI. (A1)

Kirim Komentar: