Bicara Indonesia
Indonesia Positive Journalism

Senjata Serbu Laras Panjang Ditemukan Saat Bersih-bersih Rumah Kosong di Kawasan Manyar

Bicaraindonesia.idKoramil 0831/04 Sukolilo Surabaya, menemukan senjata serbu laras panjang jenis G3 atau Gewehr 3 buatan Jerman dan sepucuk pistol di salah satu rumah kosong di kawasan perumahan Manyar Kota Surabaya.

Setelah ditelusuri oleh pihak Koramil, bahwa senjata tersebut milik salah satu anggota TNI, yang sudah meninggal karena kecelakaan.

Komandan Koramil 0831/04 Sukolilo Surabaya, Mayor Inf Supriyo Triwahono mengatakan, jika senjata ini ditemukan oleh ahli waris dari anggota yang sudah meninggal. Kemudian oleh ahli waris diserahkan kepada Koramil 0831/04 Sukolilo.

“Untuk penemuan senjata ini begini ceritanya ya, di perumahan Manyar itu ada rumah kosong sekitar 9 tahun ditinggal pemiliknya, itu yang punya sudah enggak ada. Kemudian dari keponakannya melakukan pembersihan rumah itu, dan ditemukanlah di dalam satu ruangan di kamar, ada senjata api,” kata Mayor Inf Supriyo kepada awak media, Selasa (27/4/2021).

Karena merasa ketakutan menemukan dua pucuk senjata tersebut, pihak ahli waris akhirnya menghubungi Koramil Sukolilo, untuk mengamankan senjata tersebut.

“Keponakannya ini merasa ketakutan.  Dengan penemuan senjata api itu, diserahkanlah senjata itu satu pucuk segitiga g3 dengan tiga larasnya,” kata Danramil Sukolilo.

Sementara itu, untuk pistolnya, lengkap dengan puluhan butir peluru yang juga masih aktif meskipun sudah termakan usia. “Kedua adalah pistol dengan 54 butir peluru kemudian setelah diserahkan ke sini kemarin itu masih aktif ya,” jelasnya.

Danramil pun mengucapkan terimakasih kepada ahli waris, ataupun keluarga, yang sudah memberikan informasi penemuan senjata itu kepada pihak Koramil.

“Keluarga atau family termasuk ahli waris kami ucapkan terima kasih ya, karena sudah memberi tahu kami. Kita serahkan secara prosedural kepada pimpinan yang menggunakan senjata tersebut,” ujarnya.

Saat ini, pihaknya sudah mengurus segala sesuatunya, dan Koramil segera menyerahkan penemuan mereka perihal dua pucuk senjata api beserta pelurunya.

“Ini nanti kita kirim ke Kodim, nanti kita lapor ke Dandim lengkap dengan administrasinya. Kalau mendengar cerita senjata ini belum pernah diserahkan karena almarhum ini pernah kecelakaan. Jadi senjata ini masih aktif dan belum sempat digunakan dan kemarin itulah pada saat pembersihan ditemukan senjata api ini,” ujarnya.

Sebagai informasi, senjata yang ditemukan ini di antaranya terdiri dari satu pucuk G3 atau gewehr3, kemudian satu pucuk pistol lengkap dengan amunisinya sebanyak 54 butir peluru. (DAP / A1)

Baca Berita Lainnya:
Kirim Komentar: