Bicara Indonesia
Indonesia Positive Journalism

Cara Unik Sosialisasi Protokol Kesehatan di Surabaya Melalui Superhero


Bicaraindonesia.idCara sosialisasi protokol kesehatan yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bisa dibilang unik. Pasalnya, pemkot melalui Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surabaya menggagas ikon yang diberi nama ‘New Man, Biasakan yang Tidak Biasa’.

Usut punya usut, ikon yang dimaksud ini adalah sosok yang diperankan manusia dengan memakai kostum hijau ala superhero lengkap dengan sepatu boot berwarna oranye. Sosok New Man yang terbilang unik dengan kepala plontos dan perut buncit itu diperankan oleh Camat Sawahan, Surabaya, M. Yunus.

Selama ini, ikon New Man menjadi superhero andalan pemkot dalam melakukan sosialisasi protokol kesehatan di media sosial maupun berbagai sudut Kota Pahlawan. Baik itu melalui foto dan video, reklame, banner, hingga mural.

Sosok New Man yang sekaligus Camat Sawahan, Kota Surabaya, M. Yunus mengatakan, Ikon New Man itu merupakan ide Tri Rismaharini yang saat itu meminta jajarannya di pemkot agar membuat ikon supaya masyarakat selalu ingat kepada protokol kesehatan.

Nah, berasal dari usulan tersebut, kemudian diterjemahkan oleh Wakil Sekretaris IV Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya yang sekaligus Kepala BPB Linmas, Irvan Widyanto, dengan membuat ikon New Man.

“Kebetulan yang dipilih oleh Pak Irvan saya, karena perut saya buncit dan kepala saya botak, mungkin ini unik. Sehingga saya wakafkan diri saya ini untuk terus mensosialisasikan protokol kesehatan kepada masyarakat, supaya Covid-19 ini cepat selesai di Surabaya. Apalagi, kalau hanya penertiban terus saya kira warga bosen ya, makanya beliau bikin ini,” kata Yunus dalam pers rilis yang diterima Bicaraindonesia.id, Jum’at (1/1/2021).

Oleh karena itu, Yunus juga mengajak kepada warga Kota Surabaya untuk terus disiplin menjaga protokol kesehatan. Apalagi, saat ini sudah ada Peraturan Wali Kota Surabaya Nomor 67 yang memberlakukan denda bagi pelanggar protokol kesehatan Rp 150 ribu.

“Jadi, bagi pengusaha dan masyarakat sebagai individu akan didenda Rp 150 ribu jika melanggar protokol kesehatan, dan itu tidak perlu sidang. Makanya ayo kita sama-sama disiplin,” kata dia.

New Man Sosialisasi Protokol Kesehatan ke Tempat Wisata dan Mal

Sosok New Man yang ada di Kota Surabaya rupanya tak sebatas melakukan sosialisasi protokol kesehatan melalui foto ataupun video. Superhero yang memiliki ciri khas kepala plontos dan kostum berwarna hijau ini, bahkan langsung terjun ke masyarakat.

Seperti yang berlangsung di awal tahun ini. Sosok New Man mendatangi Kebun Binatang Surabaya (KBS) dan Mal Tunjungan Plaza, Jum’at (1/1/2021). Di sana, dia menyapa masyarakat sembari mengingatkan mereka agar disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Wakil Sekretaris IV Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya yang sekaligus Kepala BPB Linmas, Irvan Widyanto, mengaku sengaja beraksi bersama New Man ke KBS dan Mal karena bertepatan momen New Year dan ada New Man. Makanya, yang di sasar saat ini adalah tempat-tempat yang banyak dikunjungi warga pada saat libur tahun baru ini.

“Rencananya nanti kami juga akan sasar pasar-pasar tradisional dan tempat kerumunan lainnya,” kata Irvan.

Menurut Irvan, selain melakukan sosialisasi protokol kesehatan, dia bersama jajarannya juga membagikan masker kepada para pengunjung, baik di KBS maupun Mal Tunjungan Plaza. Setidaknya ada 1000 masker yang dibagikan kepada anak-anak maupun orang dewasa.

“Kami berharap warga tidak kendor dalam menjaga protokol kesehatan. Menurut kami, vaksin terbaik adalah perubahan perilaku dengan biasakan yang tidak biasa, dengan cara itu, Insya Allah Covid-19 di Surabaya akan segera selesai,” tutupnya. (hms/A1)

Kirim Komentar: