Bicara Indonesia
Indonesia Positive Journalism

Civitas Akademika STTAL Peringati HUT ke-75 TNI AL dengan Protokol Kesehatan Ketat


Bicaraindonesia.idKomandan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Laksamana Pertama TNI, Avando Bastari, mengikuti serangkaian kegiatan Peringatan HUT ke-75 Tahun TNI Angkatan Laut (AL) di Lobby Gedung Soewarso, Kampus STTAL Bumimoro Morokrembangan Surabaya, Kamis (10/09/20).





Komandan STTAL, beserta seluruh Civitas Akademika STTAL sebelumnya terlebih dahulu mengikuti secara virtual pelaksanaan Upacara peringatan HUT ke-75 TNI Angkatan Laut pada hari Kamis, (10/09/2020). Upacara itu berlangsung dari lapangan bendera gedung utama R.E. Martadinata Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal) Cilangkap Jakarta.





Meski berlangsung sederhana, namun suasana terlihat penuh khidmat dengan Inspektur Upacara Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono. Upacara itu juga diikuti secara virtual oleh Kotama-Kotama TNI Angkatan Laut di seluruh Indonesia.





Dalam amanatnya, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menyampaikan, bahwa sudah merupakan tradisi yang melekat bagi TNI AL untuk menyelenggarakan Peringatan Hari Ulang Tahun TNI AL setiap tanggal 10 September.





“Kendati tahun 2020 ini, kita merayakan Hari Ulang Tahun TNI Angkatan Laut Ke-75 dengan nuansa dan cara yang berbeda di tengah situasi Pandemi Global Covid-19, jiwa dan semangat kita sebagai Prajurit Jalasena tetap berkobar penuh keyakinan diri menyongsong masa depan yang jauh lebih baik,” kata Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono.





Ia menegaskan, sebagai bagian Integral dari sebuah bangsa maritim yang besar dan sekaligus merupakan komponen utama pertahanan negara, tentunya TNI Angkatan Laut akan selalu mendukung setiap langkah kebijakan pemerintah.





“Penjabaran dari kebijakan pemerintah ke dalam pembangunan kekuatan TNI Angkatan Laut dapat kita pahami bersama pada tema peringatan Hari Ulang Tahun TNI Angkatan Laut kali ini adalah “Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe, Kita Siap Mewujudkan TNI Angkatan Laut yang Profesional, Modern dan Tangguh guna mendukung Indonesia Maju,” katanya.





Menurut dia, kejayaan TNI AL sangat ditentukan oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang harus memiliki keunggulan karakter dan profesionalisme.





“Oleh sebab itu, sebagai prajurit pengawal samudera nusantara, dipundak kitalah dipercayakan amanah untuk membangun kekuatan TNI Angkatan Laut yang melindungi segenap bangsa serta menjamin kedaulatan dan keamanan negara di laut,” ujarnya.





Laksamana TNI Yudo Margono juga mengajak kepada semua prajurit untuk terus menanamkan semboyan dan doktrin Jalesveva Jayamahe di dalam hati dan sanubari sebagai prajurit Jalasena.





“Untuk itu sebagai pemimpin TNI Angkatan Laut, saya mengajak agar kita semua bersatu dan bangkit untuk bersama-sama memperjuangkan kejayaan TNI Angkatan Laut Menuju Jalesveva Jayamahe dan Membangun Indonesia Maju,” tegas Kepala Staf Angkatan Laut.





Selesai mengikuti Upacara Peringatan HUT ke-75 Tahum TNI AL secara virtual dari Mabesal Jakarta, Komandan STTAL beserta seluruh Civitas Akademika STTAL melanjutkan dengan acara Syukuran dengan diawali do’a bersama sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.





Selanjutnya, Komandan STTAL, melakukan pemotongan tumpeng yang diberikan kepada Letkol Laut (E) Erpan Sahiri, yang pada hari ini berulang tahun bertepatan dengan HUT ke-75 TNI AL.





Sebagai informasi, dikarenakan situasi dan kondisi masih dalam masa pandemi Covid – 19, maka kegiatan pun dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat. Peringatan HUT ke-75 Tahun TNI AL ini dilaksanakan di tiga tempat dalam waktu bersamaan.





Source: Bagpen STTAL
Editorial: B1


Kirim Komentar: