Bicara Indonesia
Indonesia Positive Journalism

PDAM Surya Sembada Terapkan ISO 37001 Anti Suap


Bicaraindonesia.id Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada Surabaya memastikan diri untuk menerapkan ISO 37001 yang merupakan sistem manajemen anti suap.





Dirut PDAM Surya Sembada, Mujiaman Sukirno mengatakan, dengan adanya ISO 37001 itu, maka proses awal hingga akhir pelayanan di PDAM tidak ada korupsi. Salah satunya ketika pelayanan pasang meter yang dilayani oleh PDAM.





Ia mencontohkan, seperti dalam prosesnya, harus melalui beberapa tahapan, yakni survey, dihitung, dibayar, dilelang dan dilaksanakan. Dari masing-masing proses itu tentunya ada potensi korupsi, sehingga PDAM menyiapkan sistem dan infrastrukturnya untuk menjamin tidak ada korupsi.





“Jadi, kami menjamin dari awal prosesnya hingga akhir, tidak ada korupsi. Dengan adanya ISO ini, karyawan PDAM juga terbebas dari rasa takut. Apalagi kita sudah diaudit lembaga internasional, sehingga terjamin tidak ada korupsi,” kata Mujiaman saat perayaan Hari Jadi ke-43 PDAM Surya Sembada di Surabaya, Minggu (24/11/19).





Menurutnya, performace PDAM Surya Sembada ke depannya akan terus membaik sesuai dengan harapan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Apalagi, pertumbuhan usaha PDAM beberapa tahun terakhir ini terus meningkat.





“Sebelum-sebelumnya, kita hanya tumbuh 2 persen per tahun, tapi pertumbuhan usaha PDAM sejak tahun 2018, kita tumbuh sampai mencapai 17 persen, itu 9 kali lipatnya dari kemampuan kita sebelum-sebelumnya,” ujarnya.





Selain itu, sambungan meter juga terus dimaksimalkan. Jika sebelumnya hanya mampu menyambungkan 8 ribu meter, maka tahun ini dibuktikan mampu menyambungkan hampir 15 ribu meter. “Itu sudah 2 kali lipatnya dari kemampuan kita sebelum-sebelumnya, jadi ada peningkatan,” kata dia.





Oleh karena itu, Mujiaman yakin performance PDAM akan terus membaik ke depannya, apalagi terus didukung oleh sistem yang semakin baik, termasuk banyaknya ISO yang dibikinnya. Seperti ISO tentang produksi, ISO tentang pelayanan, ISO tentang keselamatan, ISO tentang IT dan sebagainya.





Alhasil, dengan sistem dan pelayanan itu, PDAM Surya Sembada Surabaya memastikan diri bahwa pelayanannya sudah bertaraf internasional.





“Makanya, kami yakin PDAM akan terus tumbuh dan berkembang,” pungkasnya.


Kirim Komentar: